UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan metode penyeimbangan lintas dalam menentukan kebutuhan tenaga kerja yang optimal pada perakitan sepeda jenis MTB di PT FCM

Taufiq Firnandi; Erlinda Muslim, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

PT. FCM, di bawah naungan PT. FM, adalah merupakan perusahaan yang memproduksi sepeda, yang sering dikenal dengan nama Sepeda Federal. Divisi Perakitan, tempat dilakukannya penelitian merupakan salah satu divisi yang ada di perusahaan selain divisi permesinan dan pengelasan, dan divisi pengecatan.
Dalam rangka pengalihan sebagian fasilitas pabrik untuk perakitan sepeda motor (Honda), maka kapasitas produksi untuk sepeda Federal ini akan diturunkan dari 450 menjadi 250 unit per hari. Namun demikian perusahaan tidak ingin terlalu banyak menambah tenaga kerja langsungnya, dengan pertimbangan alokasi tenaga kerja pada jalur perakitan sepeda Federal sendiri dirasakan berlebihan, tambahan lagi dengan kapasitas produksi yang akan diturunkan tersebut.
Atas pertimbangan itulah diperlukannya penelitian tentang jumlah kebutuhan tenaga kerja yang optimal pada jalur perakitan sepeda Federal, khususnya untuk kapasitas 250 unit per hari tersebut, agar diperoleh efisiensi yang relatif tinggi. Kelebihan tenaga kerja yang terjadi akan dialokasikan untuk perakitan sepeda motor yang sedang dalam perencanaan.
Dengan menggunakan metode-metode penyeimbangan lintas, dalam hal ini digunakan dua metode sebagai bahan perbandingan, yakni metode Peringkat Bobot Posisi can meme COMSOAL, didapatkan hasil penyeimbangan yang antara lain berupa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, elemen-elemen kerja setiap stasiun kerja, efisiensi, balance delay (tundaan seimbang), dan lain-lain.
Dengan bantuan program komputer (QSOM), hasilnya dapat diketahui bahwa kinerja lintas terpasang pada kondisi awal memang cukup rendah, dan dengan menggunakan metode-metode penyeimbangan lintas seperti tersebut di atas, diperoleh keseimbangan dengan kinenja yang lebih baik, sesuai keinginan perusahaan.

 File Digital: 1

Shelf
 S36520-Taufiq Firnandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36520
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 76 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36520 14-19-607129296 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240488
Cover