ABSTRAKMutu adalah satu hal yang dituntut oleh pelanggan. Oleh karena itu mutu perlu
ditekankan pada setiap produk. Mutu yang baik akan mampu membawa produk
menembus pasar dan meningkatkan proit bagi perusahaan Dengan demikian mutu
merupakan suatu kebijakan yang perlu dicapai secara tems menerus sesuai dengan
tuntutan pelanggan yang terus berubah.
Oleh karena itu perusahaan perlu untuk memantau terus menerus dan
meningkatkan mutunya. Untuk itu diperlukan adanya sarana informasi yang dapat
digunakan untuk mengukur dan mempertimbangkan mutu yang ada sekarang dan
masa-masa berikutnya. Biaya Mutu adalah salah satu sarana untuk memenuhi
kebutuhan ini.
Dengan pengumpulan dan pelaporan Biaya Mutu diharapkan pihak managemen
dapat mengambil kebijakan dan mengukur dengan lebih baik seberapa jauh
keefektifan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mutunya itu.
Dalam tugas akhir ini akan diteliti dan dikumpulkan komponen-komponen Biaya
Mutu yang ada dan dengan demikian akan terlihat komponen mana saja yang
sangat berpengaruh dalam pembentukan Biaya Mum. Dari sini diharapkan menjadi
titik awal dari perusahaan untuk dapat terus memantau dan memperbaiki mutunya
Secara berkesinambungan.