UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan sistem kemudi prototipe kendaraan angkutan listrik (KAL)

Bayu; R. Danardono Agus Sumarsono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi dengan judul Perancangan Sistem Kemudi Prototipe Kendaraan Angkutan Listrik (KAL) ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sistem kemudi pada prototipe KAL hasil perancangan. Karalcteristik ini meliputi analisa dimensi utama mekanisme sistem kemudi yang digunakan dan pengendalian kendaraan pada keadaan konstan (steady).
Pada skripsi ini, untuk menganalisa dimensi utama dari mekanisme sistem kemudi, digunakan teori-teori dalam ilmu kinematika. Karena mekanisme sistem kernudi KAL ini merupakan suatu rnekanisme yang kompleks, maka untuk menghilangknn kesulitan dan agar dapat memberikan hasil analisa yang diinginkan, digunakan mekanisme ekuivalen yang memberikan gerak identik dengan bagian yang dianalisa. Sedangkan teori karakteristik pengendalian kendaraan digunakan untuk menentukan pengendalian kendaraan pada lintasan dan tanggapan kendaraan terhadap gangguan ekstemal.
Sebagian besar parameter yang dibutuhkan dalam perhitungan didapat dari pengukuran langsung hasil perancangan yang digunakan pada KAL. Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap mekanisme sistem kemudi KAL, dapat disimpulkan bahwa pada saat berbelok terjadi toe-our dengan radius putar minimum 2,668 meter dan rasio kemudlnya adalah 18,2.
Analisa karaktenstik pengendaliannya menghasilkan kesimpulan bahwa KAL adalah kendaraan over-steer, yaitu sudut selip yang terjadi pada roda belakang lebih besar daripada sudut selip roda depan.
Pada kecepatan operasinya, KAL memiliki tanggapan yang baik terhadap terjadinya kecepatan yaw dan percepatan lateral serta pengendalian terhadap lintasan yang aman. Hal ini terjadi karena karakteristik tanggapan kendaraan oversteer ini hampir menyerupai karakteristik pada keadaan neutral steernya.

 File Digital: 1

Shelf
 S36249-Bayu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36249
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 76 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36249 14-19-905136151 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240667
Cover