UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis desain exhaust mesin VW untuk mendapatkan kenaikan daya optimum

Hasibuan, Cesar; Bambang Sugiarto, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Sistem pembuangan gas hasil pembakaran (exhaust system) pada motor pembakaran dalam adalah salah satu faktor yang berpengaruh pada unjuk kerja motor tersebut. Gas hasil pembakaran pada ruang bakar harus dikeluarkan seluruhnya pada langkah buang (exhaust stroke) sebelum langkah hisap (intake stroke) silus berikutnya dimulai. Tersisanya gas hasil pembakaran pada ruang bakar saat berlangsungnya Iangkah hisap akan mengakibatkan tercampurnya gas sisa tersebut dengan campuran udara bahan bakar yang memasuki ruang bakar. Hal ini mengakibatkan turunnya tekanan rata-rata efektif siklus dalamruang bakar (indicated mean effective pressure) dan turunnya persentase bagian kafor terkandung dalam bahan bakar dapat dirubah menjadi tenaga oleh mesin (efisiensi termal). Kedua nal tersebut menyebabkan turunnya daya keluaran yang dapat dihasilkan oleh motor pembakaran dalam tersebut.
Sistem pembuangan yang baik memiliki tahanan terhadap aliran gas buang/tekanan balik (back pressure) yang rendah, sehingga terjadi pembilasan (scavenging) yang baik terhadap gas nasil pembakaran dan menaikkan daya yang dapat dihasilkan.
Untuk melihat besamya pertambahan daya yang dapat dihasilkan oleh sistem pembuangan yang baik, maka dilakukan penelitian dengan mendesain sebuah sistem pembuangan yang memiliki tekanan balik Iebih rendah daripada sistem pembuangan standar untuk mesin Volkswagen 1600 cc. Parameter yang dianalisa adalah daya (HP) yang dapat dihasilkan mesin tersebut sebelum dan sesudah pengantian sistem pembuangan.
Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa pemakaian sistem pembuangan dengan tekanan balik yang Iebih rendah menghasilkan pertambhan daya maksimum mesin.

 File Digital: 1

Shelf
 S36253-Cesar Hasibuan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36253
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 85 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36253 14-19-425325266 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240676
Cover