UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perhitungan uji karakteristik pembakaran antara ethanol dan LPG pada combustion laboratory unit

Catharina Rosa Carolina; Bambang Sugiarto, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Kebutuhan energi dewasa ini semakin lama semakin meningkat, padahal cadangan energi fosil yang selama ini menjadi tulang punggung pemasok energi di Indonesia semakin menipis. Hal ini menimbulkan pemikiran untuk mencari suplai energi baru yang mudah dibuat dan akan lebih baik lagi bila merupakan jenis energi yang terbarui.
Salah satu bahan bakar altematif yang diajukan adalah dari jenis alkohol yang mengandung gugus OH dan ethanol merupakan salah satunya. Bahan bakar ini dianjurkan untuk dipakai karena bahan produksinya mempakan hasil bumi seperti jagung, tebu, dan jenis kayu-kayuan. Indonesia sebagai salah satu negara agraris tentunya tidak menemui kesulitan dalam menyediakan bahan baku tersebut.
Pemakaian ethanol dalam industri maupun kendaraan bermotor memerlukan pengkajian yang mendalam, terutama untuk menentukan jalur produksi yang paling efisien dan kinerja yang paling optimtun dari bahan bakar jenis baru ini.
Inti dari penelitian ini adalah mencari karakteristik pembakaran dari hahan bakar jenis ethanol dan membuat suatu analisa perbandingan dengan referensi bahan bakar gas (LPG).
Kondisi optimum ditinjau dari segi eilsiensi thermal dan emisi gas buang yang ditimbulkan oleh ethanol dan LPG merupakan sasaran utama dari analisa perbandingan disesuaikan dengan perbandingan pemakaian udara dan laju aliran bahan bakar.
Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa dari segi teknis pembakaran seperti penghasilan daya, ethanol memang mempunyai LHV yang lebih kecil dari kebanyakan bahan bakar minyak saat ini, namun dari segi elisiensi dan pembentukan emisi ethanol berhasil mengimbangi bahan bakar gas. Dengan perawatan yang teliti dalam hal pelumasan dan pemakaian metal anti korosi sebagai combustor ethanol bisa digunakan secara aman dalam proses pembakaran. Kondisi kerja optimum ini didapatkan pada AFR yang kecil (sekitar 3.9 sampai 4).
Saat ini bahan bakar alkohol belum banyak digunakan sebab biaya produksinya yang masih mahal. Penelitian untuk menggali lebih dalam teknik produksi yang lebih efisien dan cepat akan sangat baik bagi penyedia kebutuhan energi di Indonesia selanjutnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S36191-Catharina Rosa Carolina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36191
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 65 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36191 14-19-200971496 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240707
Cover