UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penyeimbangan pembebanan kapasitas melalui pengalokasian tipe produk dan penggabungan jadwal pelaksanaan produksi di PT FIM

Devy Lestari; Amar Rachman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

PT. Federal Izumi Manufacturing merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi komponen kendaraan bermotor. Produk yang dihasilkannya adalah piston, baik sebagai komponen asli maupun sebagai suku cadang. Piston adalah salah satu komponen engine yang berfungsi merubah energi pembakaran pada mesin.
Pada saat ini keseimbangan pembebanan kapasitas produksi pada beberapa lini produksi di salah satu bagian, yaitu bagian permesinan (machining), tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena sistem pengalokasian tipe produk dan perencanaan produksi pada lini produksi-lini produksi yang ada belum tetap, sehiugga mengganggu produktivitas kerja yang ada.
Oleh karena itu untuk menyeimbangkan pembebanan kapasitas produksi di beberapa Iini produksi tersebut, serta untuk meningkatkan kapasitas pada masing-masing lini produksi, maka dibuat sistem pengalokasian tipe produk yang tetap dan pengurutan jadwal produksi dengan menggunakan Metode Waktu Proses Terpendek (Shortest Processing Time).
Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sistem pengalokasian tipe produk yang tetap selama periode bulan Mei sampai dengan bulan Desember. Selain itu, ternyata dengan menggabungkan jadwal pelaksanaan produksi pada lini produksi tertentu serta pengurutan jadwal produksi dengan menggunakan metode yang telah disebutkan di atas dapat membuat pembebanan kapasitas produksi menjadi Iebih seimbang, disamping juga meningkatkan kapasitas produksi pabrik.

 File Digital: 1

Shelf
 S36615-Devy Lestari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36615
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36615 14-19-895125843 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240745
Cover