UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi analisis pemilihan sudut optimum beserta faktor lainnya pada penggunaan cyclone terhadap unjuk kerja mesin otto (Pengujian eksperimental)

Bambang Irwanto; Bambang Sugiarto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Otomotif merupakan suatu hal yang sangat sulit dipisahkan dari kehidupan karena keberadaannya telah merubah ruang gerak manusia semakin cepat menembus jarak dan ruang kerja yang sebelumnya sulit dilampai. Maka tidaklah mengherankan perkembangannya tergolong cepat sejalan dengan transformasi leknologi. Disadari dalam perkembangan ini banyak permasalahan yang semakin muncul terutama menyangkut sumber energi penggerak utama yakni masih didominasi bahan bakar minyak serta masalah pencemaran yang ditimbulkannya.
Penelitian dan pengujian terus dilaksanakan untuk memecahkan kedua permasalahan utama tersebut. Salah satu pcmeeahan yang diharapkan adalah bagaimana mengurangi pemakaian bahan bakar tanpa mengurangi power (daya) yang dihasilkan serta semakin berkurangya emisi yang dikeluarkan. Hal ini sangat terkait dengan kualitas proses pembakaran yang terjadi di dalam mang bakar. Semakin baik proses pembakaran yang terjadi, maka akan semakin sernpumanya bahan bakar yang terbakar menjadi energi sehingga dihasilkan daya yang lebih besar. Selain itu pembakaran yang sempurna akan menghasilkan gas buang yang relatif lebih kecil dalam ambang yang masih bisa diterima lingkungan.
Banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembakaran Salah satunya adaiah menggunakan cyclon yang dipasang pada saluran karburator untuk menghasilkan aliran turbulensi yang lebih balk dan pola aliran yang lebih merata (swirl) sehingga mampu menghasilkan butiran bahan bakar yang semakin halus. Scmakin halus butiran bahan bakar maka semakin mudah dan merata pembakaran yang terjadi, yang berarti prosentasi bahan bakar yang tidak terbakar semakin kecil. Tentunya pembakaran yang berlangsug diharapkan Iehih sempurna dan emisi gas buang semakin menurun.
Pengujian yang dilakukan pada mesin test-bed gasoline atas pemakaian cyclon akan diketahui sudut yang memberikan nilai daya paling optimum dari beberapa sudut yang dipilih untuk diuji. Selain itu dilakukan pengujian terhadap faktor lainnya yang mempengaruhi performance mesin (daya) seperti jumlah sudu, bentuk sudu maupun variasi pernasangan cyclon pada karburator. Semua parameter (faktor) ini akan dapat dijadikan pertimbangan dalam pembuatan cyclon yang lebih baik nantinya.

 File Digital: 1

Shelf
 S36810-Bambang Irwanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36810
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 68 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36810 14-19-234342533 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240806
Cover