Mengingat makin banyaknya barang substitusi dan meningkatnya
persaingan, maka masalah kebijaksanaan distribusi produk semakin penting
sehingga proses pendistribusian perlu dioptimalkan.
Pelacakan distribusi produk akan menyangkut fenomena-fenomena yang
muncul dan berinteraksi secara dinamis. Struktur fenomena tersebut antara Iain
stok dan jaringan barang, orang dan uang. Struktur fenomena tersebut
dimaksudkan sebagai kaidah pengambilan keputusan. Oleh karena itu
kebijaksanaan tentang polar distribusi produk dengan sistem dinamis perlu dikaji.
Pelacakan proses distribusi produk, penulis lakukan pada PT. JEM.
Mengingat kompleksnya proses pendistribusian, membuat penulis melakukan
pembatasan pada produk tertentu dangan daerah distribusi untuk daerah Jakarta.
Pembatasan ini diharapkan tidak mengurangi tujuan dalam kaidah pengambilan
keputusan bagi perusahaan.
Perancangan model distribusi produk pada PT. JEM mengikuti Iangkah-
Iangkah dalam pembangunan model dengan sistem dinamis, dimana meIiputi;
pengenalan, konseptualisasi, representasi, evaluasi, validasi dan analisa model
Hasil yang diperoleh setelah menjalankan model simulasi yang telah
dirancang menggambarkan secara umum proses pendistribusian pada PT. JEM
cukup baik. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengubahan variabel-variabel
pada model dalam berbagai skenario, yang dapat dijadikan sumber informasi bagi
perusahaan dalam pengambilan keputusan.