UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Analisa pengaruh volume tabung udara terhadap efisiensi pompa ram hidrolik

Raditio K. Hutomo; Bambang Suryawan, supervisor ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRACT
Pompa ram hidrolik merupakan pompa yang sangat sederhana. Pompa ini tidak membutuhkan sumber energi untuk menggerakkannya, hanya membuiuhkan sumber air yang cukup dan dengan rnenggunakan prinsip palu air (water hammed dapat memompakan air ke fempat yang Iebih tinggi dari sumber air !ersebut_ Bagian-
bagian yang mendasar dan pompa ini adaiah pipa supiai (drive pipe), badan ram (ram body) dan pipa hantar (delivery pine). Karena sangat sederhana pompa ini sangat cocok digunakan di daerah-daerah pedesaan di indonesia temtama uniuk pengairan_
Untuk instaiasi pompa ini harus sangat dmerhatikan terufama pada tabung udara (air chamber) yang merupakan bagian dari badan ram. Hai ini disebabkan tabung udara merupakan bagian yang penting karene pada tabung udara ini tercipta tekanan yang akan mernpompakan air ke ternpat yang lebih tinggi dari pada sumber air: Tabung ini juga menjadi iempat penyimpanan sementara air yang akan dihantarkan. Voiume tabung udara ini juga mempengaruhi banyaknya debit air yang akan dipompakan dan juga berpengaruh pada eiisiensi dan pada pompa ram itu sendiri.
Untuk meiihat pengaruh volume tabung udara terhadap eiisiensi pompa ram hidroiik make diiakukan peneiifan dengan mengubah voiume tabung udara yang terdapat pada pompa. Parameter yang dipertahankan adaiah head supiai (Hs), panjang pipe suplai (L), dan jarak langkah katup_ Sedangkan data yang akan dianalisa adaiah kapasitas air yang keluar melalui pipa deiivery (Qd), kapasitas air yang terbuang meiaiui katup iimbah (QW), dan jumlah kefukan katup iimbah per menit (beats/min).
Dari hasii pengujian akan didapat pengaruh voiume iabung udara terhadap ensiensi pompa ram hidroiik yang dapaf digunakan untuk peneiifian dan pengembangan seianjutnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S36861-Raditio K. Hutomo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi: UI - Skripsi (Membership)
No. Panggil : S36861
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xii, 45 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Catatan Bibliografi : page 45
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36861 14-19-411525513 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20240990