UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penentuan kerja indikator dengan bantuan program komputer pada enjin diesel 4 langkah

Soga Romero; Bambang Sugiarto, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Perkembangan teknologi dibidang otomotif selalu bergerak maju tiap tahunnya. Penelitian-penelitian dibidang ini seperti tidak pernah berhenti dilakukan oleh orang demi didapatkan sesuatu yang lebih baik, balk untuk manusia mapun Iingkungannya. Hal ini dapat kita lihat dari produk-produk yang beredar di pasaran seperti berbagai macam jenis additif§ octane booster, dan Iain-lain. Setiap produsen produk tersebut mengatakan bahwa produknya lebih ramah lingkungan, dapat membuat eisiensi lebih balk , dan lain-lain_ Terlepas benar atau tidaknya promosi tersebut, tentunya produk tersebut didapat dari sebuah rangkaian penelitian.
Dengan adanya Laboratorium Pembakaran dan Energi - Laboratorium Motor Diesel yang dimliki oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Indonesia, kegiatan penelitian yang berkaitan dengan Enjin Diesel tentunya diharapkan berlangsung secara intensif dan berkelanjutan. Harapan ini berlcaitan dengan semakin majunya teknologi, dan juga semakin terbatasnya persedian minyak bumi di dunia ini.
Dapat dikatakan pada setiap penelitian yang berkaitan dengan sebuah enjin, hampir selalu berbicara mengenai perbaikan elisiensi enjin. Energi yang dikandung oleh sejumlah bahan bakar akan dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh enjin setelah melalui rangkaian kexja. dari suatu sistern pada enjin tersebut. Semakin dekat perbedaan antara nilai energi yang dikandung oleh bahan bakar dan nilai energi yang dihasilkan oleh enjin maka semakin baiklah efisiensinya.
Nilai-nilai energi baik dari bahan bakar maupun dari hasil kelja enjin, didapat melalui sebuah perhitungan, dan tak jarang untuk mendapatlcan sebuah nilai dibutuhkan banyak masukkan data yang harus dicatat, padahal ada cara lain yang lebih ringkas dan mudah Nilai IHP merupakan nilai energi akibat pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang silinder. Untuk mendapatkan nilai ini dibutuhkan banyak sekali data masukkan yang harus dicatat, membuat suatu penelitian akan berakselarasi lamban. Nilai II-[P ini juga bisa didapatkan dengan sebuah data masukkan, yaitu tekanan rata-rata yang terjadi di mang silinder selama pembakaran terjadi, tetapi data ini hanya mungkin didapat jika dibuat suatu program komputer untuk bisa mendapatkan data-data tersebut. Untuk itu dibuatlah suatu program yang dapat mengumpulkan data-data tersebut sekaligus membu at perhitungannya.

 File Digital: 1

Shelf
 S36938-Soga Romero.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S36938
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 66 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S36938 14-19-782414634 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241073
Cover