UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Simulasi sederhana perubahan temperatur dalam silica gel

Eki Triandi Rustam; Muhammad Idrus Alhamid, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Kondisi yang terdapat di dalam media penyerap dengan bahan silica gel merupakan suatu hal yang sangat kompleks, untuk menganalisanya diperlukan data-data yang akurat serta parhitungan-parhitungan yang sesuai. Agar penganalisaan media penyerap lebih mudah dilakukan, dipartukan suatu alat bantu yang mampu mendekati kondisi media penyerap sesungguhnya. Alat bantu lni dapat diwujudkan dalam benluk slmulasi, oteh karena itu pensimulasian media penyerap akan memberikan pendekatan pendekatan meskipun simulasi yang digunakan adalah simulasi sederhana. Pensimulasian suatu medla penyerapdapat dilakukan dengan menggunakan persamaan massa dan persamaan energi, yang digabungkan dengan kondlsi yang terdapat di dalam silica gel, untuk kemudian dijadikan suatu formulasi yeng akan dimasukkan ke dalam program komputer khusus yang berhubungan dengan termodinamika. Program komputer yang akan digunakan adalah CATH (Computer Aided Thermodynamics).
Hasil yang didapat pada simulasi dengan temperatur sebesar 30°C dan kelembaban re!atif udara sebesar 80%, serta temperatur silica gel 30°C dan kandungan kelembabannya sebesar 10% akan dihasltkan pengurangan kandungan kelembaban pada udara yang keluar dan temperaturnya menjadi 74,1°C atau terjadi proses adsorbsi. Sedangkan pada temparatur udara masuk sebesar 90°C dan kelembaban relatlf udara sebesar 5%, serta temperatur pada silica gel sebesar 30°C dan kandungan aimya sebesar 35%, akan terjadi penambahan kandungan air pada udara yang keluar dan temperaturnya menjadi 34,2°C atau terjadi proses regenerasi. Berdasarkan persamaan yang digunakan dalam peyusunan formulasi, persamaan tersebut dapat diaplikasikan terhadap media penyerap lainnya.

The condition inside silica gel desiccant are so complex, in order to analyze it, the data and calculations must be accurate. Analyzing the condition inside desiccant can be simplified using some help of any media that could approach the real condition. The media that can approach this condition are some simulation programming, even when the simulation is so simple. Combining the mass balance with the energy balance and using the state condition inside the desiccant could do simulating. By finding the formulation, then using !he computer programming, called CATH (Computer Aided Thermodynamics} the state condition can be solve.
The result of simulation using input temperature of 30°C and relative humidity by 80%, also using silica gel with temperature 30°C and moisture content about 10%, can describe decrease in humidity content of air moving the silica gel also raised the temperature to 74,1°C, so we could call this process by air humidity adsorption. In other case with air input temperature of 90°C and relative humidity by 5%, also using silica gel with temperature 30°C and moisture content about 35%, can describe increase in humidity content of air moving the silica gel and decreased the temperature to 34,2°C, so we could call this the regeneration process. Based on the equation that has been used in the simulation, the equation can calculate other desiccant with the same accuracy.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Eki Triandi Rustam.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S37225
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 32 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37225 14-19-293333878 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241104
Cover