ABSTRAKGovernor diperlukan pada mesin diesel untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan disuplai ke dalam mesin agar sesuai dengan daya yang diperlukan pada tingkat kecepatan mesin pada saat itu. Agar karakteristik governor yang sebenarnya (yang riil) dapat diketahui, untuk itu dilakukan suatu percobaan pada injection pump tester tipe INP-1-1000 Ogawa Seiki.
Dalam tugas akhir ini, dilakukan analisa atas (1) jumlah bahan bakar yang keluar, (2) posisi rack governor dan (3) tekanan bahan bakar, yang semuanya berdasarkan data (1) putaran pompa dan (2) posisi throttle.
Hasil dari penelitian ini, didapat hubungan antara putaran pompa dan posisi throttle dengan jumlah bahan bakar, posisi rack governor dan tekanan bahan bakar. Hubungan itu ditampilkan dalam bentuk grafik unjuk kerja. Salah satu kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini tekanan pompa yang cukup stabil, yaitu +160 kg/cm2, mulai didapat putaran pompa sekita 400 rpm sampai 1400 rpm.