UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa mikromekanik komposit pada jetski

Syahriza Ghany R.; Bambang Sugiarto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Dalam kurun waktu belakangan ini, kita sebagai warga Jakarta telah merasakan I-:epadatan yang luar biasa di kota ini. Kepadatan ini akan lebih terasa bila kita menggunakan fasilitas jalan umum untuk mencapai suatu tempaL Kemacetan telah menjadi hal yang lumrah di Jakarta ini, sehingga untuk kasus-kasus khusus yang bersifat gawat darurat berkaitan dengan bencana alam maupun terjadinya suatu musibah perlu dilakul-can skala prioritas dalam penggunaan jalur transportasi yang ada. Di lain pihak, sebenarnya masih ada prasarana lain yang belum diaplikasncan secara optimal, yaitu prasarana jalur transportasi air.
Untuk mencoba membantu memecahkan masalah kepadatan jalur transportasi yang ada, Penulis rnelakukan perancangan jenis kendaraan air yang dapat digunakan sebagai kendaraan transportasi maupun sarana hobi dan olahfaga dengan harga yang relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat luas. Dalam proses perancangan ini Penulis membuat sebuah prototipe dari kendaraaan air jet-ski yang menggunakan motor empat langkah berkapasitas 1000 cc serta dengan pcnggunaan rangkaian mekanisme penerus daya dan gerak yang sederhana. Dalam proses perancangan ini Penulis juga akan menganalisa kekuaran struktur dari badan kapal yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar komposit (fiber glass). Hasil analisa yang diperoleh nantinya akan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan badan kendaraan jenis air Iainnya yang menggunal-can bahan dasar komposit jenis fiberglass.

As a resident of Jakarta, recently we 've been accustomed to a tremendous density of our population. This conditions are significanthf sensed at the time we use public transportation facilities to get where we aimed to be. Trajfic jam lzas been .something that not unusual to our daily live, whereas problem are normally arised when the emergency situation comes aio, such as a disaster or even cotasthrophy In these core of situation, we are demanded to make priority to utiltee any available transportation line. On the other side, we do have another infrastructure which has not been optimally empowered That is, ct water transportation line facility.
To solve the prescribed transportation line problem, we design a type of water transport which can be used not just as a general transportation device, but also just hobby and sport usage. This water-transport is built for a relatively low selling price, within a broader market reach. ln the designing process, we create the prototype ofa water transport jet Ski by using a four step 1000 cc gasoline engine with a singple mechanism of drive train and steering. ln this process, we also analyze the structure strength of the ship ,which made of a connvosite basic material fiber glass). lhe result ofour analysis can be useful as a consideration in producing other type of water transport, with a similar basic material (fiber glass).

 File Digital: 1

Shelf
 S37455-Syahriza Ghany R.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S37455
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 44 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37455 14-21-23235388 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241531
Cover