UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penelitian sifat bakar material dengan kalorimeter api : pengaruh pelapisan cat terhadap sifat bakar kayu jati belanda (gualuma ulmifolia)

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Kebakamn telah banyak menimbulkan masalah-dan menelan kerugian yang besar. Pemilillan material fumilur pada suatu mangan berpengaruh terhadap besamya bahaya yang mungkin tezjadi pada saat kebakaran. Dalam kebakaran pada bangunan, fl.ll'llilll|' berfimgsi sebagai bahan bakar sehingga penyebaran api dapat terus berlangSung_ Setiap jenis material fumitur memiliki sifat ketahanan terhadap api yang berbeda-beda. Sifat ini dapat terlihat jelas dari_jum1aI1 Iaju produksi kalor yang dimilikinya. Laju produksi kalor suatu benda dapat diukur berdasarkan konsumsi oksigennya pada saat proses pembakar:-1n_ Teknik pengukuran ini mengacu kepada prinsip dasar lgahwa panas yang dilepaskan per unit oksigen yang dibutuhkan adalah kurang lebih sama untuk bahan bakar organik umum yang sering ditemui sebagal bahan bakar dalam kebakaran, yajtu 13.1 kJ/gram 02. Penelilian ini membahas hasil penelitian berupa fenomena, karakteristik dan sifat bakar kayu jati belanda (Guazuma ulmifolfa) yang diberi pelapisan cat terhadap proses pembakaran_
Alat uji yang digunal-can adalah kalorimeter api dengan skala laboratorium, yang terdid dari conical healer berdaya 4000 Watt pada tegangan 220 V, load cell, perangkat gas buang berbahan dasar stainless-sreel, system pengukuran gas buang, sistem pcngukuran dan kontrol temperatur, sistem pengukuran tekanan, specimen holclcr dan sistem akuisisi data.
Penelitian dilakukan dengan orientasi sampel horizontal dan pemanasan awal pada Huks kalor 26kW/1112. Berdasarkan data penelitian serta analisa_ yang dilakukan diperoleh adauya kemiiipan pola visualisasi Serta pola variabel-variahel pengujian (Iaju penurunan massa, Iaju pelepasan kalor, produk gas buang) pada pembakaran balk pada kayu jati belanda tanpa cat maupun kayu jati belanda yang diberi cat. Kemiripan tersebut lebih jelas terlihat pada kayu jati belanda yang dicat menggunakan cat dengan bahan dasar alkyd. Pengunaan cat temyata dapat mempercepat atau memperrnudah pemicu-nyala kayu jati belanda, terutama pada cat dengan bahan dasar alkyd dan acrylic. Penggunaan cat dengan bahan dasar alumunium dapat menghambat Iaju pembakaran, Iaju penurunan massa serta meuunda peak laju pelepasan kalor yang kedua alcibat tidak ilcut terbakarnya bahan dasar cat, dan juga alcibat moisrure dan volalile yang tidak dapat terlepas dengan bebas karena terhambat bahan dasar cat alumunium. Char yang terbentuk dapat menghambat pembalcaran, hal ini ditunjukkan dengan laju pelepasan kalor yang semakin menurun seiring bertambah tebalnya Iapisan char. Terbentuknya char ju ga menambah tingkat bahaya akibat tenjadinya pembakaran tidak sempuma sehingga dihasilkan konsentrasi CO yang tinggi.

 File Digital: 1

Shelf
 S37491-Mahpudz Effendi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S37491
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 69 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37491 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241605
Cover