UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Disain termal feed water heater pada PLTU 6 MW

Muhamad Anwari; Nandy Setiadi Djaya Putra, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Alat penukar kalor banyak digunakan di industri kimia, pabrik, pembangkit daya, rumah sakit, alat transponasi bahkan di rumah kita. Penggunaan alat penukar kalor ini dapat sebagai alat untuk memanaskan atau mendinginkan fluida, tergantung pada proses yang diinginkan. Salah satu jenis alat penukar kalor yang paling banyak digunakan adalah alat penukar kalor selongsong dan pipa.
Dari banyak penggunaan alat penukar kalor solongsong dan pipa, penulis mengambil salah satu contoh penggunaanya yaitu pemanas air pengisi ketel yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga uap, Pemanas air pengisi ketel ini menggunakan uap yang di ekstrasi dari turbin untuk memanaskan air pengisi ketel sebelum masuk ke ketel. Dengan penggunaan pemanas air pengisi ketel maka efesiensi siklus pembangkit tenaga uap akan meningkat karena pemanas air pengisi ketel akan mengurangi panas yang terbuang percuma di kondenser dan dampaknyajuga akan mengurangi ukuran kondenser.
Perhitungan yang akan dilakukan di dalam perancangan alat penukar kalor selongsong dan pipa untuk pemanas air pengisi ketel akan di batasi pada perpindahan kalor secara konduksi dan konveksi. Hal ini bukanlah berarti bahwa radiasi tidak penting dalam perancangan alat penukar kalor, karena berbagai penerapan di angkasa luar hal inilah yang penting di dalam perancangan alat penukar kalor. Dengan menggunakan prinsip konduksi dan konveksi, dan juga memperhatikan tahanan termal lainnya dan dibantu dengan menggunakan pemprograman excel maka pada akhirnya akan di dapatkan disain termal dari alat penukar kalor ini.

Heat exchangers are used in wide variety of applies itions. These include chemical industries, fabrication, power plant, hospital, transportations, even in ours houses. The use of heat exchangers can be to cool or to heat the fluids, dependly to that process we want. Ones of heat exchangers that have been using in many applications is shell and tube heat exchanger.
From many applications of shell and tube heat exchanger, the author takes one example of applications is using of steam power plant. That is feed water healers. Feed water heaters use extraction steam from turbine to heat feed water before come in 10 boiler. By using feed wafer heaters results in a higher cycle efficiency by reducing the amount of energy lost in the condenser and (he impact is the size of the main condenser can be reduced. Because the condensers for large steam turbine become so large that installation problems become awkward indeed. Thus having a third of the steam flow to the feed water healers is real help in this respect.
The calculations will he done in the shell and tube heat exchanger design to feed wafer heaters and will be limited of conduction and convection heat exchange. This is not mean the radiation is not important to heat exchangers design, in fact of the out space applications, radiaton is very important to heat exchangers design. By using principle of conduction and convection, and also see to the other resistance and helped by using excel so that at last will be got the thermal design of this heal exchanger.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhamad Anwari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S37881
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 105 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37881 14-22-67068390 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241759
Cover