UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penelitian laju produksi kalor kompor rumah tangga dengan prinsip konsumsi oksigen

Maylasari Utami; Yulianto Sulistyo Nugroho, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Energi yang aman dan rnudah di gunakan merupakan kebutuhan yang rnutlak bagi kehidupan rnanusia. Minyak bumi merupakan Salah Satu energi yang paling popular saat ini dan tersedia di alam dalam jumlah yang terbatas. Padahal dengan meledaknya populasi manusia dan meningkatnya konsunlsi energi akan membuat cadangan minyak bluni Semakin menipis. Energi untuk rnemasak rnerupakan Salah satu konsumsi energi terbesar pada negara berkembang.
Oleh karena itu dilakukanlah berbagai upaya konservasi energi, dalam rumah tangga Salah Satu cara untuk menghernat energi adalah dengan menggunakan kornpor yang memiliki eisiensi tinggi, dalam hal ini adalah irit bahan bakar dan memiliki hear release rate atau laju produksi kalor yang besar.
Untuk itu dilakukan pengujian laju produksi kalor berdasarkan konsumsi oksigen dan kebutuhan bahan bakar dari beberapa kompor rumah tangga dengan bahan bakar minyak tanah. Pengujian laju produksi kalor dilakukan dengan rnenggunakanjire calorimerer, dan konsumsi oksigen diukur dengan menggunakan gas analyzer. Kompor yang rnemiliki laju produksi kalor tinggi dan konsumsi bahan bakar yang rendah akan djrekomendasikan untuk digunakan dalam rumah tangga.

Nowadays, save and easy to use energy is an unconditional need for human IW. Petroleum is one of energy that popular today, and available ini world on limited number. Besides the boom of human population, and the rise of energy consumption will cause the diminish of petroleum reverse. The energy for cooking is one ofthe biggest energy consumption at development country.
Thats why people doing various means to conservate the energy, in house the one way to economical energy is using high eficient of stove, it means economical in fuel and have high value of heat release rate.
Because of that, some experiment on heat release rate based on oxygen consumption is donefom some kerosene stove. Heat release rate experiment tested by using fire calorimeter, and the oxygen consumption is tested by gas analyzer. The stove that have high heat release rate and economical in fuel will be recommended to use at house.

 File Digital: 1

Shelf
 S37538-Maylasari Utami.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S37538
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 47 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37538 14-22-34240532 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241802
Cover