UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Rancang bangun antena mikrostrip tergandeng celah susun linier dicatu oleh saluran mikrostrip untuk pembentukan berkas pancaran (beam) sektoral

Lumbantoruan, Henny Lorita; Eko Tjipto Rahardjo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Pada skripsi ini dibahas mengenai perancangan dan pembuatan antena mikrostrip tergandeng celah susun linier yang dicatu oleh saluran mikrostrip untuk menghasilkan berkas pancaran (beam) dengan pola sektoral. Antena mikrostrip ini terdin dan enam buah elemen peradiasi tunggal bentuk lingkaran yang tergandeng secara elektromagnetik (electromagnetic coupling) dengan saluran mikrostrip melalui celah Antena mikrostrip ini bekerja pada frekuensi 4 GHz.
Perancangan antena mikrostrip lingkaran dilakukan dengan menggunakan metode model cavity. Ukuran elemen peradiasi antena ditentukan dengan menggunakan Program Antena Mikrostnp Lingkaran yang kemudian dicocokkan dengan bantuan piranti lunak PCAAD 3.0. Program PCAAD 3.0 juga digunakan untuk keperluan janngan pencatu yaitu untuk mengetahui lebar dan panjang saluran mikrostrip. Sedangkan pembentukan beam sektoral dilakukan dengan mengimplementasikan distribusi arus dan fasa yang telah ditetapkan dengan menggunakan metode Woodward- Lawson.
Dari basil fabrikasi didapatkan bahwa antena bekerja dengan baik pada frekuensi 4,035 GHz dan berkas pancaran yang dihasilkan mendekati pola sectoral pada -19,5_ sampai +19,5_ untuk pengukuran di ruang Sekretariat Laboratorium Jurusan Elektro.
Hasil pola yang mendekati sektoral pun didapatkan untuk pengukuran di ruang Unechoic Chamber. Pengukuran dilakukan pada frekuensi 4 GHz dan dihasilkan sidelobe yang lebih rendah dibandingkan dengan pengukuran di ruang Sekretariat Laboratorium Jurusan Elektro.

 File Digital: 1

Shelf
 Heni Lorita Lumbantoruan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39818
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 57 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39818 14-19-337085950 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241951
Cover