UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pendeteksian massa kanker payudara pada mamogram dengan jaringan saraf propagasi balik (backpropagation neural networks)

Dewi Riyani; Dadang Gunawan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Hingga saat ini penyebab timbulnya kanker payudara, jenis kanker yang paling banyak ditemui pada kaum wanita, belum diketahui secara pasti sehingga pendeteksian kanker pada stadium dini sangat menentukan tingkat kesembuhan penderita karena perawatan akan dapat dilakukan sebelum sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain. Meskipun mamografi (mammography), yang sering dikenal dengan istilah rontgen dikalangan awam, masih merupakan metode yang paling ekonomis dan efektif pada pendeteksian awal kanker payudara, sejumlah massa lesion (perubahan abnormal jaringan akibat pertumbuhan sel kanker) pada mamogram kerapkali luput dari perhatian para ahli radiologi. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, berbagai prosedur diagnosis dengan bantuan komputer (computer aided diagnosis, CAD) yang diharapkan mampu memberikan pandangan kedua (second opinion) secara konsisten pada para ahli telah dikembangkan, antara lain dengan mengutilisasikan jaringan saraf tiruan (artificial neural networks).
Pada kesempatan ini suatu metode pendeteksian massa lesion pada mamogram yang memanfaatkan jaringan saraf propagasi balik (backpropagation neural networks. BPNN) dengan feed forward akan diselidiki. Proses simulasi dilaksanakan dengan menggunakan 50 gambar sampel yang masing-masing berukuran 8 x 8 piksel sebagai masukan (input). Setelah dilewatkan pada feed forward BPNN yang mempunyai tiga lapisan (layer) dengan saw neuron pada lapisan pertama, tiga neuron pada lapisan kedua, dan satu neuron pada lapisan keluaran (output layer), jaringan kemudian dilatih sebanyak 100 dan 150 kali (training epoch) untuk mencapai target yang diinginkan. Tiga metode deteksi herdasarkan nilai rata-rata (mean), nilai tengah (median), dan nilai maksimum yang telah diujicobakan pada keluaran feed-forward BPNN memberikan tingkat akurasi antara 60-100%, suatu prospek yang menjanjikan guna meningkatkan kualitas diagnosis mamogram.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39763
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 41 hlm. : il. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39763 14-20-227021375 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241970
Cover