UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan dan implementasi sistem belajar jarak jauh pada mata kuliah dasar komputer

Luhur Bayuaji; A. Endang Sriningsih, supervisor; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Proses belajar jarak jauh, atau yang lebih dikenal dengan sebutan distance learningatau distance education telah banyak diaplikasikan pada sistem pembelajaran didunia.Perkembangan distance learning meningkat pesat seiring dengan perkembangan fungsi Internet dalam kehidupan manusia. Proses perubahan sistem pembelajaran dari cara konvensional ke sistem distance learning bukan rnerupakan hal yang mudah. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dalam perancangan sistem distance learning.
Pada skripsi ini akan disampaikan proses perancangan dan implementasi perancangan sistem distance learning yang digunakan pada mata kuliah Dasar Komputer. Sistem distance learning pada mata kuliah Dasar Komputer diberi nama Daskom On-Line. Dalam merancang Daskom On-Line dilibatkan banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti lingkungan, perlengkapan, user management, sekuritas dan online assessment.
Rancangan Daskorn On-Line diimplementasikan pertama kali pada peserta mata kuliah Dasar Komputer Jurusan Elekfro Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun ajaran 2000/2001. Proses implementasi yang dilakukan dimulai dari registrasi user account, pengaksesan materi, online assessment dan evaluasi. Analisa tingkat keberhasilan rancangan dan implementasi Daskom On-Line dilakukan setelah seluruh proses selesai dilakukan. Hal yang dianalisa meliputi kesiapan materi, bentuk tampilan, tingkat pemahaman, tingkat kenyamanan dan efektifitas dari Daskom On-Line. Analisa digunakan untuk melihat keberhasilan implementasi Daskom On-Line berdasarkan tujuan perancangannya, serta berguna untuk pengembangan selanjutnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Luhur Bayuaji.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39096
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 52 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39096 14-19-118501939 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242028
Cover