UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Simulasi dan analisis unjuk kerja pengendali fuzzy pada motor arus searah penguat terpisah

Taufiq Chilwan; Soegianto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Salah satu metode pengendalian kecepatan motor arus searah penguat terpisah adalah mengatur tegangan termina1nya_ Besarnya tegangan terminal yang mencatu motor ams searah sangat dipengamhi oleh besarnya kecepatan yang diinginkan dan beban luar yang diberikan pada motor. Variabel cepat lambatnya kecepatan dan besar kecilnya beban merupakan Salah satu variabel linguistik yang tidak pasti. Oleh karena itu pengendali logika fuzzy yang menggunakan variabel linguistik diajukan untuk digunakan sebagai pengendali untuk mengendalikan keccpatan pada motor arus searah dengan memperhatikan besar arus rating motor.
Perancangan sistem pengendali logika fuzzy meliputi _metode fuuiflkasi, basis- pengetahuan faturanyn metocle intzorenailoan clofuziiikasi. Selain ditiahas teori dasar logika fuzzy dan penurunan model motor arus searah penguat terpisah_Pengaturan kecepatan dilakukan dengan membuat 2 loop tertutup untuk rnengatur kecepatan cla.n anis sehingga nilai ams tidak melebihi arus rating motor. Perancangan pengendali menggunakan pengendali fuzzy sebagai pengendali utama untuk mengatur kecepatan dan pengendali PI untuk mengatur arus. Metode ini digunakan untuk memudahkan perancangan sistem pengendali. Percobaan dilakukan secara simulasi menggunakan software Matlab release 5.3 dengan fasilitas Simulink dan Fuzzy Logic Toolbox yang terdapat didalamnya.
Simulasi yang dilakukan rneliputi percobaan loop terbuka, percobaan loop tertutup, dan percobaan pengeudalian kecepatan motor dengan menggunakan pengendali hizzy. Unjuk kerja pengendali fuzzy dibandingkan dengan unjuk kerja sistem tanpa pengendali dan dengan pengendali P1 yang sudah ada. Pengujian unjuk kerja pengendali fuzzy juga dilakukan dengan melakukan uji coba kestabilan dinamis dengan memberikan beban variabel.

 File Digital: 1

Shelf
 S39935-Taufiq Chilwan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39935
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 53 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39935 14-19-219012749 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242048
Cover