UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa unjuk kerja kuantisasi vektor algoritma binary split pada kompresi subband detail transformasi wavelet

Bagus Irawan Handoyo; Dadang Gunawan, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Pengembangan teknologi telckomunikasi yang mendukung multimedia perlu menekankan pada pengolahan data-data multimedia. Salah satunya adalah pengolahan data multimedia berupa gambar yang memerlukan teknik kompresi agar dalam pcnyimpanannya tidak memerlukan ruang yang besar dan waktu pentransmisian menjadi lebih singkat, namun tanpa penurunan kualitas gambar yang berarti.
Salah satu metode kompresi gambar adalah menggunakan transformasi wavelet dan kuantisasi vektor. Transformasi wavelet mampu memadatkan energi dari gambar ke dalam bentuk koefisien-koelisien yang berada dalam spektrum frekuensi-waktu terlokalisir. Koefisien-koelisien hasil pengolahan data berada pada subband-subband transfonnasi berdasarkan skala atau resolusi yang berbeda. Untuk meningkatkan rasio kompresi digunakan kuantisasi vektor.
Kuantisasi vektor adalah suatu metode kuantisasi yang mengeksploitasi ketergantungan antar piksel-koefisien dengan mengkuantisasi kombinasi dari piksel-koefisien transformasi secara bersama-sama. Koefisien transformasi diubah menjadi vektor dengan ukuran dimensi tertentu kemudian dikuantisasi dengan kuantisasi vektor algoritma Binary split dan menghasilkan indeks pemetaan dan codebook yang berukuran lebih kecil dari vektor data sehingga menghasilkan kompresi yang besar.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa peningkaran ukuran dimensi vektor data memberikan kontribusi terhadap peningkatan rasio kompresi tapi menurunkan PSNR, pada jumlah codebook tetap. Peningkatan jumlah codebook memberikan kontribusi terhadap penurunan rasio kompresi dn peninglcatan PSNR, pada ukuran dimensi yang sama. Variasi kuantisasi yang menghasilkan rasio kompresi terbesar namun PSNR > 30 dB untuk gambar Lenna adalah dimensi 16 danjumlah codebook 64; gambar Clara adalah dimensi 16 dan jumlah codebook 16; gambar Rektorat adalah dimensi I6 dan jumlah codebook 128

 File Digital: 1

Shelf
 S39750-Bagus Irawan Handoyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39750
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 37 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39750 14-19-308090593 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242076
Cover