ABSTRAKPenanganan masalah trafik sekarang ini merupakan kebutuhan pokok.
Hal ini karena jaringan dirancang untuk menaugani kapasitas tertentu. Jika permintaan hubungan dalam suatu gelang tertentu melebihi kapasitasnya, maka akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kegagalan panggilan (loss).
Disamping itu kegagalan panggilan juga disebabkan oleh perilaku pelanggan dan kondisi jaringan yang tingkat keaudalannya sudah menurun. Kegagalan-kegagalan ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dalam mengadakan hubungan pembicaraan dan tentunya berpengaruh terhadap citra pelayanan PT. TELKOM sebagai penyelenggara telekomunikasi.
Salah satu upaya untuk mengurangi kegagalan panggilan tersebut, yaitu dengan menganalisis loss-loss yang terjadi melalui data trafik di setiap sentral.
Dengan menganalisis loss-loss tersebut kita dapat mengetahui berapa besar tingkat terjadinya dari setiap jenis loss, menentukan penyebab terjadinya loss-loss tersebut dan mencari langkah-langkah pemecahannya. Sehingga kualitas pelayanan jaringan telepon dapai ditingkatkan.