UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan sistem testing dengan model Gwo Jen Hwang

Fajar Fitrianto; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang pesat memberikan banyak alternatif dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Sistem belajar jarak jauh (distance learning) memberikan kemudahan bagi pelajar untuk tidak perlu lagi hadir dalam kelas tetapi proses belajar-mengajar dapat dilakukan di mana saja dengan mcnggunakan alat bantu komunikasi. Sistem pendidikan berbasiskan web, atau dikenal sebagai Web-Based Education System ( WBE ), menjadi pilihan yang menarik untuk melaksanakan distance learning dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang berkembang luas dalam masyarakat. Sistem testing, yang bersifat selftest, dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan sistem evaluasi berbasiskan web asinkron yang reliable mampu memberikan analisa terhadap hasil belajar pelajar. Sistem testing online dibuat dengan menggunakan bahasa PHP, HTML, dan javascript serta database MySQL untuk penyimpanan datanya. Sistem testing fersebut tersusun atas tiga buah subsistem yang memillki fungsi rnasing-masing yaitu sistem administrator, sistem pengajar dan sistem pelajar. Sistem administrator memiliki kemampuan untuk melakukan administrasi user. Sistem pengajar memihki akses untuk melakukan administrasi mala kuliah serta materi testing yang berhubungan dengan ma1a kuliah tersebut Sedangkan sistem pelajar merupakan peserta dari testing ini sendiri. Untuk tahap penilaian terhadap hasil testing pelajar digunakan pendekatkan model Gwo Jen Hwang sebagai kerangka pikir dalam membentuk sistem evaluasi. Evaluasi dilakukan per soal yang menjadi pertanyaan pada saat testing. Setiap soal yang berhasil dijawab oleh pelajar akan menambah poin yang diperoleh pelajar tersebut, namun dengan model Gwo Jen Hwang ini kontribusi masing-masing soal tersebut mcnjadJ berbeda-beda. Setlap soal didefinisikan bobot kontribusinya, bukan hanya bobotnya tcrhadap keseluruhan mata kuliah yang bersangkutan secara umum, namun mendetil sampai bobotnya terbadap setiap materi-materi yang menyusun mata kuliah itu. Selain itu, dengan digunakannya metodc aturan fuzzy, untuk menentukan hasil akhir evaluasi, dapat diperoleh hasil evaluasi yang mendekati kemampuan nyata dari pelajar.

 File Digital: 1

Shelf
 S39285-Fajar Fitrianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39285
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 58 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39285 14-23-68245396 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242380
Cover