UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sistem elektronika robot survellance manual berbasis modul hibrid transmitter dan receiver

Tri Yuliadi S.; Sutanto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Teknologi RF atau gelombang radio telah diimplementasikan di berbagai bidang kehidupan. Salah satu aplikasi tknologi RF ini adalah pada pengendalian jarak jauh (remote control). Pengendalian jarak jauh dcngan menggunakan gelombang radio dldetinisikan lebih spesifik dengan istilah radio control.
Pengendalian jarak jauh dapat diaplikasikan dengan menggunakan modul transmitter dan receiver. Modul ini merupakan komponen hibrid yang berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal dengan ukuran yang ringkas. Dengan mod ul ini aplikasi serta desain sistem pengendalijarakjauh dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.
Pada skripsi ini digunakan modul transmitter TLP-434A dan modul receiver RLP-434A untuk sistem pengendali jarakjauh dari suatu robot surveillance manual dengan interjiwce sebuah komputer. Adapun robot ini berfungsi sebagai pemantau keadaan dengan pengendalian manual berasal dari operator robot.
Pada perancangan robot ini ditemukan bahwa sistern pengendali jarak jauh dapat bekerja pada jatak yang cukup baik, yaitu pada radius uji coba selcitar 2Om. Hasil ini kurang memenuhi harapan yang memiliki kriteriajangkauan pengendalian hingga 100m. Adapun penyebabnya antara lain lcarena bclum optimalnya catu daya yang digunakan pada transmitter. Sistem monitoring robot menunjukkan hasll yang kurang memuaskan karena hanya bekerja pada radius l5m, yang disebabkan karena ketcrbatasan karakteristik komponen.

 File Digital: 1

Shelf
 S40026-Tri Yuliadi S.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S40026
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 48 hlm. ; ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40026 14-22-47282319 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242428
Cover