UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan dan pengujian pervasive class "Smartclass" untuk skenario automated file transfering and presentation: file transfer dan hardware communication

Tambunan, David Januar; Kalamullah Ramli, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Pervasive computing adalah sebuah konsep teknologi yang berbaur dengan lingkungan. Sistem yang mengimplementasikan pervasive computing akan dapat berinteraksi dengan user tanpa disadari oleh user tersebut, akan tetapi tetap dapat memenuhi kebutuhan user tersebut. Sistem yang demikian mempunyai beberapa karakteristik tertentu, yaitu mobile, embedded, dan invisible.
Skripsi ini bertujuan untuk merancang dan merealisasikan suatu sistem berbasis konsep pervasive computing. Sistem yang dinamakan SmartClass ini dapat membantu user yaitu dosen yang mengajar pada suatu kelas dalam hal identifikasi dosen tersebut. Sistem ini juga membantu dosen tersebut melakukan transfer file yang akan dipresentasikan saat itu serta mempersiapkan presentasi itu sendiri dengan cara aktivasi aplikasi presentasi serta aktivasi LCD Projector yang digunakan dalam presentasi. Semua hal tersebut dilakukan dengan meminimalisasi interaksi dengan dosen tersebut.
Sistem SmartClass memiliki tiga fungsi utama, yaitu identifikasi user, transfer file serta komunikasi dengan hardware. Identifikasi user dilakukan dengan cara mengidentifikasi MAC Address dari laptop yang dibawa oleh user. Transfer file dilakukan dengan bantuan Java networking, yaitu menggunakan metode stream socket.
Bahasa pemrograman Java juga digunakan untuk mengaktifkan aplikasi yang digunakan untuk membuka file yang telah ditransfer. Sedangkan komunikasi antara server dan hardware dilakukan dengan menggunakan media perantara kabel serial dan metode komunikasi RS-232C antara server dan hardware. Pengujian unjuk kerja sistem SmartClass dilakukan pada fungsi transfer file dari sistem ini.
Hasil pengujian menunjukkan suatu hubungan berbanding lurus antara waktu transfer file dengan ukuran dari file tersebut. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa waktu transfer suatu file untuk pertama kalinya cenderung lebih lama dibandingkan waktu transfer file yang sama untuk kedua kalinya.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S40276
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xi, 58 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40276 14-17-111966742 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242685
Cover