UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Optimalisasi proses belajar kelompok berbasis web dengan metode jigsaw menggunakan fitur collaborative session. Laporan diskusi penilaian individu dan kuis = Optimalization of web based collaborative learning process with jigsaw methode using collaborative session, discussion report, participant assessment and quiz features

Rizki Adrianto; Muhammad Adrianto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Sistem pembelajaran dengan metode kolaboratif saat ini merupakan salah satu aplikasi e-learning yang sedang marak dikembangkan karena kemampuannya dalam menjadikan peserta didik sebagai pusat aktifitas. Berbagai macam metode telah dikembangkan untuk membuat sistem ini semakin sempurna, salah satunya dengan mengimplementasikan metode Jigsaw. Penerapan sistem pembelajaran kolaboratif dengan metode Jigsaw pada skripsi ini membutuhkan beberapa fitur guna mendukung proses pembelajaran. Beberapa fitur yang dikembangkan antara lain adalah fitur Collaborative Session yang berguna bagi mahasiswa untuk melakukan proses belajar secara berkelompok. Fitur laporan diskusi yang berguna bagi dosen untuk melakukan penilaian nantinya dan bagi mahasiswa untuk mengirimkan hasil dari diskusi. Fitur penilaian Individu berguna bagi dosen untuk melakukan penilaian terhadap mahasiswa, sejauh mana keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar kelompok dan bagi mahasiswa untuk memberikan penilaian teman satu kelompoknya. waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses input dialog. Semakin banyak jumlah kata tidak begitu mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk meng-input laporan hasil diskusi. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk men-submit jawaban kuis akan tidak terpengaruh untuk setiap pertambahan satu pertanyaan kuis Rata-rata 80% responden menyetujui bahwa fitur yang ada membuat proses belajar kelompok lebih optimal, dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dan parameter keberhasilan dapat terukur jelas, mudah memahami lingkungan sistem dan tidak menemukan bug.

Collaborative learning is one of e-learning application that has been deployed nowadays. The reason of using this application is the capability to place students as center of learning. There are many methodes has been deployed to make the system perfect. One of them are jigsaw methode. The implementation of web based collaborative learning with jigsaw methode in this paper need features that can support learning process. Some of them are collaborative session that used to discuss a problem for student. Discussion report is another feature that used to evaluate the student for the teacher and for student to send their discussion report. Participant assessment is another feature used to make evaluation of the student for the teacher, how far the student has joined the collaborative learning process and for student to evaluate their friend contribution during the process. Sistem testing tells that time needed to process dialog input will be arised as the word has been arised. Another result is the number of word did not affect time to process discussion report input and time nedeed to process answer did not affected with the number of question. About 80% respondent agreed that the features makes collaborative learning process more optimize, motivate student to give their contribution, succeed indicator are seen clearly, easy to understand the environment (user friendly) and did not found any bug.

 File Digital: 1

Shelf
 S40354-Rizki Adrianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S40354
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 91 hlm. : ill. ; 30 cm. ; lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S40354 14-22-83757798 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20242716
Cover