UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan sistem pakar berbasis data untuk menggambarkan tingkat kesulitan mata kuliah

Damar Kristianto; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Untuk mengambil mata kuliah bare, seorang mahasiswa akan selalu meminta informasi mengenai mata kullah yang akan diambil. Informasi yang diperoleh pun beragam, terutama dalam hal yang berhubungan dengan tingkat kesulitan mata kuliah. Tingkat kesulitan mata kuliah dapat tergantung dari beberapa faktor seperti kondisl akademis mahasiswa yang bersangkutan (dalam hal ini Indeks Prestasi), nilai mata kuliah prasyarat clan minat. Hal-hal demikian sangat subyektif clan berbecla untuk setiap individu mahasiswa. Namun di samping itu juga terdapat hal-hal obyektif untuk mengukur tingkat kesulitan suatu mata kuliah seperti besar SKS, banyaknya tugas-tugas pendukung clan jumlah maters yang diajarkan.
Sistem pakar berbasis data dapat digunakan untuk menggambarkan hal-hal tersebut di atas (yang bersifat subyektif maupun obyektif) dengan memanfaatkan data akademis mahasiswa clan data mata kuliah serta menggabungkannya sehingga dapat menggambarkan tingkat kesulitan suatu mata kuliah mendekati keadaan yang sesungguhnya.
Pada skripsi ini akan dibuat suatu model aplikasi perangkat lunak sistem pakar berbasis data untuk memberikan gambaran mengenai tingkat kesulitan mata kuliah berdasarkan data akademis individu mahasiswa clan data mengenai mata kuliah, sehingga untuk keperluan konsultasi akademis akan sangat membantu mahasiswa clan dosen wall dalam proses pengisian Formulir Rencana Studi (FRS).

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S38866
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 63 hlm. : il. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38866 14-22-91804415 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243557
Cover