UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sistem penilaian resiko terpadu terhadap sambaran petir

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Penilaian resiko adalah suatu metode yang menghasilkan nilai resiko suatu gedung terhadap bahaya akibat sambaran petir. Nilai resiko itu sendiri ditenlukan oleh karakteristik ekstemal dan intemal gedung seperti kondisi alam, ukuran dan isi gedung. Berdasarkan niiai inilah dapat ditentukan tingkat kebutuhan proteksi petir gedung tersebut.
Saat ini telah ada beberapa metode peuilaian, tetapi yang paling teliti adaiah versi IEC (lntemational Electrotechnic Commission) karena turut memperhitungkan tindakan proteksi yang telah dipasang pada gedung. Melalui rnetode IEC dapat ditentukan apakah proteksi yang ada sudah memadai atau perlu ditingkatkan.
Mengingat keberadaan suatu gedung saat ini adalah berkelompok atau membentuk kompleks gedung, maka penilaian resiko pun hams memperhitungkan sudut perlindungan dari terminal udara (finial) yang sudah ada. Untuk itu cliperlukan adanya inspeksi sudut perlindungan. Dengan begitu, dapat diketahui apakah suatu gedung sudah terlingkupi sepenuhnya oleh daiah perlindungan finial dari gedung itu sendiri ataupun dad gedung lain.
Kombinasi antara penilaian resiko metode IEC dan inspeksi sudut perlindungan menghasilkan metode penilaian baru yang disebut Sistem Penilaiall Resiko Terpadu- Sasaran utamanya adalah kompleks gedung. GLIIl& mempercepat proses perhitungan, maka sistem penilaian ini dimanifestasikan dalam bentuk program komputer.

 File Digital: 1

Shelf
 S39473-Ravmon Polinsar H.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39473
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 61 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39473 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243812
Cover