UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan teknik IUO pada jaringan GSM

Edi Supriadi; Arifin Djauhari, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Untuk memenuhi kebutuhan layanan jasa telekomunikasi selular GSM dan kepuasan pelanggan diperlukan upaya untuk meningkatkan kapasitas dan mempertahankan kwalitas jaringan dengan investasi yang tidak mahal.
Kondisi lingkungan dan geografis daerah diantaranya merupakan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam mengembangkan layanan jasa GSM. Kota-kota besar yang merupakan pusat bisnis menjadi perhatian bagi penyedia layanan jasa GSM karena jurnlah pemakai dan peminat layanan jasa GSM cukup banyak. Dengan demikian kota-kota besar merupakan daerah padat trafik.
IUO (Intelegent Underlay Overlay) yang merupakan salah satu feature dari BSS NOKIA dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas jaringan yang telah beroperasi sehingga tidak perlu investasi yang besar. IUO ini menyediakan kapasitas bagi para pelanggan yang dekat dengan set dan kwalitas bagi pelanggan yang berada pada boundary sel. IUO membagi daerah cakupan sel menjadi dua layer, yaitu underlay (regular) dan overlay (super reuse) _ Masing-masing layer dibatasi oleh perbandingan CI (Carrier to Interference).
Penulisan togas akhir ini dilakukan dengan cara mencari berbagi sumber yang mendukung tentang teknik IUO, baik dengan bertanya langsung atau meminta buku sumber pada NOKIA. Sedangkan analisa yang dilakukan adalah pada jaringan GSM Telkomsei dengan mengambil jaringan BSC Gambir West sebagai sampel. Analisa ini didasari oleh data hasil pengukuran pada jaringan tersebut dengan cara menjalankan program dalam bahasa SQL dan diolah oleh makro dalam bahasa Visual Basic.
Tugas akhir ini dimaksudkan untuk membahas tentang penerapan teknik IUO pada jaringan GSM sehingga terdapat kejelasan tentang apa itu IUO dan bagaimana IUO itu bekerja juga untuk melihat perbandingan unjuk kerja jaringan sebelum penerapan IUO dan sesudah penerapan IUO.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Edi Supriadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39845
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 32 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39845 14-19-234734957 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243950
Cover