UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Implementasi rancang bangun prototipe wireless LAN

Ivan Hanafi; Kalamullah Ramli, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Tujuan tugas akhir ini adalah membangun prototipe jaringan komputer lokal tanpa kabel dengan memanfaatkan salah satu terminal komputer LAN sebagai gateway bagi terminal radio, sehingga dapat menjadi Wireless Local Area Network (WLAN). Terminal gateway maupun terminal komputer radio, masing_masing menggunakan perangkat lunak Network Operating System (NOS) dan perangkat keras modem Baycom serta radio Handy Talky (HT) yang dihubungkan dengan serial interface RS-232C.
Konfigurasi yang dilakukan terhadap terminal gateway diantaranya adalah memberi alamat IP kepada dua interface yang terpasang. Alamat Internet Protocol (IP) untuk interface Ethernet (et0) adalah nomor yang dikenal oleh LAN, sedang alamat IP untuk interface jaringan radio (ax0) adalah nomor lokal yang tidak dikenal oleh LAN. Dalam ujicoba ini alamat IP untuk interface etO diberi sesuai dengan kelas yang ada, yaitu 200.28.10.165 dan alamat IP untuk axO 10.1.1.1 dengan hostname gtwunj.unj.ac.id.
Konfigurasi untuk terminal radio dilakukan dengan memberi alamat IP lokal 10.1.1.2 dan hostname puskom.unj.ac.id. Hasil uji fungsi komunikasi peer to peer antara terminal gtwunj dengan terminal puskom pada frekuensi radio amatir (144,20 MHz), menunjukkan kedua komputer dapat saling berkomunikasi dengan masing-masing memberi respon terhadap sinyal yang dikirim dari salah satu terminal melalui instruksi connect. Selanjutnya dilakukan uji fungsi komunikasi dengan mengirim data melalui instruksi ping (packet interne! groper) dari terminal puskom ke salah sate terminal yang ada pada jaringan LAN. Hasilnya adalah berupa respon balik data secara acak kepada terminal radio, yang menandakan bahwa fungsi komunikasi data dan lalulintas jaringan berjalan baik antara puskom.unj.ac.id. dan terminal LAN melalui gtwunj.unj.ac.id.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan jaringan LAN dapat dilakukan dengan menambahkan sejumlah terminal radio yang dihubungkan dengan terminal LAN yang dipilih sembarang, sebagai gateway dengan menggunakan sistem operasi jaringan NOS. Untuk pengembangan sistem yang lebih besar, perangkat komunikasi radio perlu disesuaikan agar dapat memenuhi jangkauan yang lebih luas dan dapat mencapai komunikasi yang stabil.

 File Digital: 1

Shelf
 Ivan Hanafi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39843
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 55 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39843 14-19-119095636 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20243965
Cover