UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan pocket fetal doppler untuk monitor jantung bayi

Hendrana Tjahjadi; Soetanto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Pocket fetal doppler merupakan peralatan elektromedik yang berfungsi untuk mendengar detak jantung bayi terutama selama masih didalam kandungan. Dasar pemikiran perancangan dan pembuatan pocket fétal doppler adalah;
Peralatan pocket fetal doppler sangat dibutuhkan oleh praktisi kesehatan untuk mendeteksi detak jantung bayi selama dalam kandungan selain itu juga peralatan ini masih didatangkan dari luar negeri sehingga harganya relatif masih mahal. Bedasarkan fakta-fakta diatas maka penyusun berusaha untuk merancang dan membuat pocket fetal doppler dengan menggunakan komponen-komponen yang terdapat di pasar local.
Pocket fetal doppler terdiri dari sebuah probe dan unit itu sendiri. Tegangan masukan yang digunakan dapat menggunakan batere 9 Volt atau adaptor DC. Penggunaan batere disini sangat mendukung mobilitas dan keefisiensian dari alat ini.
Probe pocket fetal doppler terbuat dari dua buah kristal jenis Piezo Elekrrik yang masing-masing berfungsi sebagai transmiter dan receiver. Probe berfungsi untuk mengirim gelombang ultrasound dan kemudian menerima gelombang pantulnya sesuai dengan efek doppler yang selanjut diubah menjadi sinyal listrik oleh kristal itu sendiri. Sinyal listrik inilah yang nantinya akan diperkuat sehingga menghasilkan bunyi detak jantung. Sedangkan frkwensi ultrasound yang digunakan adalah sebesar 2Mhz dimana frekwensi ini dapat menembus tubuh sedalam 12 cm. Unit terdiri dari osilator2 Mhz, filter, amplifier dan speaker.
Proses perancangan peralatan ini menggunakan software work bench untuk membuat wiring diagram sedangkan untuk lay out PCB menggunakan PCB Designer. Kesulitan yang dialami dalam proses perancangan dan pembuatan peralatan ini adalah; tidak tersedianya kristal piezo elektrik dengan frekwensi 2 Mhz sehingga harus mendatangkan dari Singapore selain itu juga tidak tersedianya induktor dan Rf transfomator sehingga penyusun harus menggulung sendiri dengan metode trial and error.
Pocket fetal Doppler hasil rancangan ini ternyata dapat berfungsi dengan baik dan dapat mendengar detak jantung bayi dengan usia kehamilan 18 minggu.

 File Digital: 1

Shelf
 Hendrana Tjahjadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S39252
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 41 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S39252 14-22-60373184 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20244067
Cover