UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi mampu tempa (forgeability) paduan aluminium 6066 pada kasus pembuatan neck-ring tabung gas

Andry Yusuf; Dedi Priadi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Material aluminium, khusunya seri 6xxx meurpakan material alternatif untuk proses pembentukan tempa panas dikarenakan karakteristik logam paduan alumunium ini yang sangat baik untuk ditempa diantara paduan alumunium yang heat-treatable, mampu las yang baik. Kekuatan dan kekerasa yang cukup baik dna juga paduan alumunium merupakan logam ringan (light metal) sehingga beberapa alat-alat industri atau rumah tangga yang selama ini umumnya terbuat dari besi sudah dapat digantikan dengan aluminium, salah satunya adalah tabung gas.
Sehubungan dengan itu penelitian ini membahas kemampuan tempa (forgeability) dari material alumunium 6066 yang berhubungan dengan proses pembuatan neck-ring dari tabung gas. Penelitian dilakukan dengan pengujian komposisi, proses tempa, pengujian metalografi dan pengujian kekerasan. Hal yang akan dipelajari adalah pengaruh temperatur pemanas dan ukuran material dan distribusi kekerasan serta cacat-cacat yang mungkin terjadi.
Hasil proses tempa menunjukkan kemampuan tempa alumunium 6066 terbaik diperoleh pada kondisi H/D 1,7 dan temperatur 500℃ yaitu tinggi sample 19,25 mm, tebal piringan 8,55 mm dan diameter piringan 73,45 mm. Deformasi terbesar untuk perubahan ketinggian dan perubahan diameter juga terjadi pada sampel ukuran H/D 1,7 dan temperatur tempa 500℃ yaitu 66,81% dan 116,03%. Distribusi kekerasa memperlihatkan bahwa kekerasan secara umum relatif lebih besar pada daerah piringan dibanding daerah silinder. Cacat yang terjadi pada hasil tempa disebabkan oleh keadaan sampel awal yang kurang baik dan juga akibat terlalu tingginya temperatur tempa sehingga batas butir menjadi besar, rapuh dan tidak bisa terdeformasi.

 File Digital: 1

Shelf
 S41199-Andry Yusuf.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S41199
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 50 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S41199 14-22-13685003 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20244455
Cover