UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Failure analisis pada centralizer

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Untuk membantu kegiatan/aktivitas operasional pengeboran minyak antara lain digunakan komponen yang bernama centralizer. Centralizer adalah spring steel guides yang diikatkan pada casing untuk membantu menjaga posisi agar terpusat di dalam sumur (well) sehingga dengan demikian memberikan uniform cement sheath disekitar casing pipe. Pada centralizer tersebut telah terjadi failure, dimana pada beberapa bagian lengannya mengalami fracture. Untuk mengetahui sumber penyebab (root of cause) failure pada centralizer ini dilakukan tahapan-tahapan failure analysis, antara lain: (1) initial observations, (2) background data, (3) laboratory studies, dan (4) synthesis of failure.
Serangkaian pengamatan dan pengujian dilakukan untuk mengumpulkan data fakta dan bukti yang mengarah kepada penyebab terjadinya kegagalan material centralizer, diantaranya yaitu: pengamatan visual, pengukuran ketebalan plat, pengujian komposisi kimia, pengamatan fraktografi dengan foto makro, pengamatan metalografi dengan foto mikro, pengamatan Scanning lectron Microscope (SEM), pengujian Energy Dispershe X-ray (EDAX) dan pengujian X­ray Diffaction (XRD).
Berdasarkan hasil pengujian dan pengamatan, diperoleh kesimpulan bahwa penyebab failure adalah corrosion fatigure, yaitu fracture akibat beban siklik (fllactuating stress) pada material serta lingkungan korosif yang menghasilkan surface-origin fatigue cracking.

 File Digital: 1

Shelf
 S41413-Candra Ria T.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S41413
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 48 hlm. : ill . ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S41413 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245355
Cover