ABSTRAKKenyamanan memang suatu faktor yang panting dalam melakukan semua aktivitas. Ketika taraf hidup seseorang mulai meningkat, kebutuhan kenyamanan itu pun meningkat, sebagaimana halnya manusia membutuhkan akan pengakuan dan penghargaan.
Toko buku, memiliki fungsi utama sebagai tempat menjual buku dan barang yang sejenis. Pengunjung yang berada di dalam toko buku memiliki kegiatan utama mencari buku_ membaca dan jika tertank maka membelinya Masyarakat kita belum bisa disebut masyarakat pembaca Diperlukan minat yang cukup besar bagi seseorang untuk membaca dengan serius. Bila minat besar, konsentrasi terhadp bacaan akan tercipta. Maka untuk menumbuhkan minat tersebut, toko buku harus memberikan suatu rangsangan lain sebagai motivator masyarakat unluk mendatangi toko buku, membaca didalamnya, untuk kemudian membeli bukunya_
Konsep tata ruang yang terjadi akan Iebih baik bila tidak hanya terfokus pada benda yang dijualnya, namun juga kepada kenyamanan dalam berkegialan, pengaturan Serta pergerakan manusia didalamnya_