UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh jenis kaca terhadap kenyamanan termis

Aninditha R.; Panjaitan, Toga H., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Bangunan, sebagai wadah manusia beraktivitas, tentu diharapkan dapat mendukung kegiatan di dalamnya antara Iain dengan memberikan rasa nyaman secara termis kepada penggunanya. Penggunaan kaca sebagai kulit bangunan di zona temperare tentu tidak menjadi masalah, karena kuantitas sinar matahari yang rendah. Tetapi untuk daerah yang terletak di zona equatorial seperli kota Jakarta, material kaca tentu akan menimbulkan masalah temis karena tingginya tingkat radiasi matahari yang masuk ke dalam bangunan sehingga akan menimbulkan rasa panas bagi penggunanya. Bangunan di daerah tropis memerlukan kaca untuk pengadaan pencahayaan alami di dalam bangunan. tanpa turut memasukkan panas radiasi matahari ke dalam bangunan. Karena adanya kebutuhan tersebul, maka diciptakan jenis-jenis kaca yang dapat mengurangi kuantitas radiasi matahan yang masuk ke dalam bangunan tanpa mengurangi nilai estetikanya.
Dengan mengadakan studi perbandingan kondisi termis di dalam 2 bangunan yang menggunakan jenis kaca yang berbeda pada fasadenya, maka dapat dibuktikan kesesuaian teori dengan penerapannya mengenai dampak penggunaan jenis kaca terhadap kenyamanan termis. Jenis kaca Absorptif atau Body Tinted dapat mengurangi panas dengan menyerap sebagian radiasi matahari yang jatuh kepadanya. Karena sifatnya yang tidak reflektif, maka radiasi matahari juga banyak yang diteruskan secara Iangsung melalui jenis kaca ini. Jenis kaca Reflektif dapat mengurangi panas dengan merefleksikan dan menyerap radiasi matahari, sehingga porsi radiasi yang diteruskan ke dalam bangunan relatif kecil.
Walaupun terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kenyamanan termis di dalam suatu bangunan. tetapi pada akhir dari skripsi ini dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penggunaan jenis kaca tertentu pada fasade suatu bangunan akan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap tingkat kenyamanan termis di dalam bangunan.

 File Digital: 1

Shelf
 S48275-Aninditha R.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48275
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 60 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48275 14-23-86356654 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245783
Cover