UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Surealisme dalam ruang: ruang yang ganjil dan efek rasa takut sebagai bentuk estetika

Yoso Bayudono; Iriantine Karnaya, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Surealisme dalam arsitektur seperti halnya bidang seni lain yang menerapkan pandangan Surealisme juga merupakan wujud seni. Surealisme merupakan gerakan seni yang memiliki ciri munculnya image-image aneh, ganjil dan asing daiam karyanya. Surealisme dengan karyanya mempengaruhi sisi mental psikologis manusia dengan mengeksploitasi rasa iakut, cemas dan tertekan yang dimiliki manusia. Hal itu dilakukan untuk mengeksplorasi dunia alam bawah sadar dan fenomena-fenomena yang ada di luar kemampuan imajinasi manusia. Kemudian pemahaman tersebut menjadi sebuah bentuk estetika yang dihayati kaum Surealis.
Pemahaman estetika kaum Surealis tampak pada karya-karya seninya yang imajinatif, fantastis dengan tampilnya image-image yang aneh, ganjil dan asing yang menimbulkan munculnya perasaan takut dan tertekan. Sudah sejak lama ternyata ketakutan, teror dan histeria menjadi sebuah bentuk estetika yang dihayati dalam seni. Hal ini semakin menemukan tempatnya di era modern dimana ilmu pengetahuan juga banyak mengulas tentang hal tersebut. Dalam hal ini arsitektur aelain berdiri di tataran keilmuan juga berada di tataran seni.
Pengaruh surealisme dalam arsitektur dapat dilihat seperti halnya pengaruh Surealisme terhadap karya seni lain. Hanya saja arsitektur cara penghayatannya berbeda karena medianya berbeda. Arsitektur diapresiasi selain dari segi fisik juga dihayati dari segi non fisiknya. Disini arsitektur dihayati dalam ruangnya yang menjadi esensi dari arsitektur itu sendiri. Dengan penghayatan ruang dan image-image yang dialami dan segi fisik (yang teraga) dan non fisik (yang tak terasa) sehingga menghasilkan efek perasaan takut dan tertekan, hal ter sebut merupakan wujud pengaruh Surealisme dalam arsftektur khususnya daiam ruang.

 File Digital: 1

Shelf
 S48474-Yoso Bayudono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48474
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 63 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48474 14-23-74305398 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245823
Cover