UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian awal interpretasi ruang dalam musik dan arsitektur (dilihat dari sisi pembentukan karakter ruang)

Natasya Arry Indriani; Hendrajaya Isnaeni, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Manusia
Makhluk hidup yang berakal budi. Makhluk hidup yang memiliki akal untuk berfikir, mencari cara untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan hidupnya. Makhluk hidup yang tidak pernah berhenti mencari cara untuk memuaskan kebutuhan fisik dan psikologisnya. Kebutuhan iisik untuk mempertahankan hidupnya dan kebuiuhan psikologis untuk kebahagiaannya.
Arsitektur
Hasil karya akal budi manusia yang pada awalnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia. Melindunginya dari kerasnya alam, menjadi wadah baginya untuk berkegiatan. Selanjutnya, sisi psikologis manusia pun menjadi bagian yang menuntut dipenuhi olehnya. Sehingga arsitektur dijadikan media berekspnesi bagi manusia.
Musik
Hasil karya akal budi manusia yang diciptakan untuk memuaskan kebutuhan psikologis manusia, kebutuhan akan keindahan, menjadi wadah bagi jiwanya untuk berbicara. Selanjutnya, diketahui bahwa kekuatan komposisi musik juga mempengaruhi manusia secara fisikal. Sehingga musik digunakan juga untuk menjawab masalah-masalah tisik manusia.
Ruang
Ruang yang terbentuk dalam karya musik dan arsitektur, menjadi tempat keberadaan manusia. Ruang menjadi bagian dimana pergerakan komponen musik dan arsitekiur dapat mempengaruhi manusia secara fisik ataupun psikologis. Bagian dimana kegiatan manusia dalam mengalami hasil karya tersebut dalam urutan ruang dan waktu dapat terjadi. Bagian dimana komunikasi akan makna Karya semi, dimana ekspresi jiwa dari seorang manusia bisa disampaikan, dirasakan dan dipahami oleh manusia yang Iain; yang sama-sama menikmati hasil karya tersebut.
Suatu wacana yang mencoba menjadi awalan pembahasan mengenai hubungan dan interaksi yang mungkin terjadi pada kedua cabang seni tersebut. Dilihat dari sudut pandang Arsitektur, mencoba melihat akan penerapan prinsip pembentukan ruang dan karakter dalam komposisi musik pada suatu bangunan. Awal untuk menembus 'batas-batas' antara Musik dan Ausitektur. Untuk selanjutnya dapat dikembangkan menjadi kajian panjang yang akan memperkaya makna dan pengaruh Musik dan Arsitektur bagi manusia.

 File Digital: 1

Shelf
 S48324-Natasya Arry Indriani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48324
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 97 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48324 14-22-28270611 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245836
Cover