UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Pengaruh sistem pencahayaan buatan pada butik terhadap perhatian pengunjung

Astrid Paramita; Siti Handjarinto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Cahaya adalah sumber kehidupan manusia. Tanpa cahaya, manusia tidak dapat melakukan aktivitas kehidupannya. Dalam hubungannya dengan arsitektur, cahaya memainkan peranan penting sebagai unsur kehidupan dalam karya arsitektur. Sejauh ini cahaya hanya dipahami dari segi fungsi fisiknya yaitu sebagai sumber penerangan, Namun, jauh di balik itu semua, cahaya mampu menimbu1kan emosi tertentu yang secara tidak langsung klta rasakan atau dengan kata lain cahaya memiliki nilai psikologis. Bahkan pada akhirnya suatu disain sistem pencahayaan tertentu dapat mempengaruhi perhatian manusia pada sesuatu hal.
Pada kesempatan ini, penulis akan memaparkan secara spesifik sistem pencabayaan huatan pada butik yang dapat mempengaruhi perhatian pengunjung. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana dan sejauh mana cahaya memainkan peranan penting dalam suatu butik di mana butik merupakan ternpat jual beli, dalamnya terkandung unsur bisnis dan persaingan usaha. Untuk membahas aplikasi pengaruh cahaya terhadap perhatian pengtmjung, pooulis memberlkan dua contoh studi kasus.
Studi kasus yang dipilih memiiJki sistem pencahayaan berbeda dan menjual barang yang berbeda yaitu pakaian dan tas, namun keduanya sama-sama berhasil dalam sistem pencahayaannya. Faktor yang paling penting dalam sebuah perancangan sistem pencahayaan yang mampu mempengaruhi perhatina pengunjung adalah attention. Attention dapat diperoleh dengan beberapa cara misalnya dengan ukuran perulangan kontras, warna, dan lain-lain. Kedua butik menggunakan metode kontras dalam rangka menarik perhatian pengunjung. Kontras disini adalah menampilkan sesuatu yang berbeda dengan sekelilingnya, yaitu melalui permainan cahaya yang lebih terang atau lebih gelap daripada pencahayaan mall secara umum. Hal ini terbukti dari studi kasus pertama yaitu pada butik yang menjual pakain. Saat dilakukan pemadaman lampu etalase terjadi penurunan jumlah pengunjung sebesar 8.7 % selain itu juga terjadi penurunan sebesar masing-masing 26 % dan 56 % pada display area pakaian pria dan wanita saat beberapa lampu pada display area ada.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Astrid Paramita.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata

No. Panggil : S48523
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 91 hlm. ; ill. ; 30 cm. + lamp.
Catatan Bibliografi : hlm. 89-91
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48523 14-22-18491237 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245863