UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Expresive architecture. Studi ekspresivitas arsitektur dengan metode teori analogi termodinamika

Marlina Ayuning Fitri; Dalhar Susanto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Ekspresi adalah istilah yang sering kita dengar dalam begitu banyak hai, begitu juga dalam arsitektur dan semi- Ekspresif sebagai kata sifatnya kemudian diasosiasikan dengan kesan yang segera tertangkap pada suatu objek sebagai hast! pengungkapan emosi atau perasaan. Bagaimanakah ekspresi temfujud dalam arsitektur ? elemen apa saja yang dapat menentukan sifat ekspresif suatu karya arsitektur ?
Ekspressivitas sebuah karya arsitektur adalah sesuatu yang bemilai abstrak. Namun demikian, nilai abstrak ini, terwujud sangat nyata dalam bentuk tisik sebuah bangunan. Adakah sebuah cara untuk menetapkan pijakan yang konkrit dalam menyatakan nilai sesuatu yang abstrak ini? Dapatkah fenomena yang dituangkan dalam karakteristik kualitatif ekspresivitas ini tenikur dalam tahap kuantitatif?
Sebuah metode diperkenalkan untuk mencoba mengkalkulasi nilai ini , sebagai referensi untuk Studi ekspresivitas arsitektur melalui analisa elemen pembentuknya. Metode dibuat berdasarkan analogi arsitektur dengan iimu termodinamika, sebuah ilmu alam yang berkaitan dengan faktor panas (temperatur ). Daiam konteks arsitektur, Temperatur terwujud sebagai ketajaman detail, kelengkungan dan wama_ Harmoni , hadir sebagai simetri dan koherensi pada elemen bangunan. Perpaduan antara keciua unsur tadi, menciptakan sebuah energi intemal yang disebut sebagai ‘nyawa' arsitektural. Semakin tinggi nilai energi ini, maka semakin tinggi pula efek emosionainya pada pengamat. Parameter Iain, yaitu Kompleksitas, hadir sebagai nilai yang bergantung pada entropi yang mengukur derajat randomness pada sebuah sistem.
Metode ini pada akhimya akan menampilkan kesimpulan perhitungan, mengenai seberapa besar nilai ekspressivitas, sebagai ‘nyawa' yang terkandung dalam bangunan. Nilai tersebut diperoleh dari hasii pengamatan inclerawi terhadap ekspresi fasade masing-masing studi kasus.

 File Digital: 1

Shelf
 S48508-Marlina Ayuning Fitri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48508
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 80 hlm. ; ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48508 14-23-36159638 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245876
Cover