UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Adaptable house

Elissa Yunita; Dalhar Susanto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Kebutuhan akan rumah tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Namun seiring bersama waktu, perubahan kondisi merupakan suatu hal yang tak terelakkan. Sementara manusia selalu mengharapkan sebuah rumah ideal, ia juga dihadapkan pada kondisi faktual mengenai penambahan jumlah penduduk yang memberikan implikasi pada semakin terbatasnya lahan rumah tinggal. Oleh karena itu, muncul beberapa gagasan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Di beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, Kanada dan Australia muncul sebuah gagasan yang turut bertujuan untuk mengatasi masalah ini. Gagasan itu biasa disebut dengan istilah Adaptable House. Kriteria yang terdapat di dalamnya bahkan menjangkau isu yang lebih luas lagi yaitu isu desain bagi penderita keterbatasan fisik. Pada negara - negara tertentu istilah Adaptable House ini tidak populer namun sebagai gantinya, muncul konteks - konteks sejenis yang dikenal dengan istilah berbeda seperti Universal Design, Life Cycle House dan sebagainya.
Ulasan ini akan memberikan gambaran mengenai kondisi - kondisi yang mendorong tercetusnya gagasan adaptable house ini dan gambaran mengenai penerapannya di beberapa negara. Untuk memberikan wawasan lebih jauh lagi, maka disertakan pula deskripsi mengenai konteks - konteks sejenisnya, sehingga dapat dibandingkan satu sama lain. Istilah khusus adaptable yang banyak digunakan dalam ulasan ini mengacu pada referensi yang lebih luas sehingga pada penerapannya memiliki konteks yang berbeda namun dengan arti yang kurang lebih sama. Dalam skripsi ini konteks tersebut akan dijelaskan lebih lanjut sehingga pemahaman konteks lebih jelas.

 File Digital: 1

Shelf
 S48552-Elissa Yunita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48552
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 91 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48552 14-22-55077957 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245884
Cover