UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Aktivitas dalam pembentukan sebuah plase. (Studi kasus: Outdoor activities pada Jalan Kemang dan Jalan Sabang) = Activity in establishing a plase. Case study: Outdoor activities at Jalan Kemang and Jalan Sabang

Roeqsana; Achmad Hery Fuad, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Place bukan hanya sekedar ruang dengan batas, bentuk, ketinggian, warna, serta segala sesuatu yang mendefinisikan identitasnya melalui 'keberadaan' benda lain, melainkan lebih merupakan sesuatu yang keberadaannya dapat dikenali melalui berbagai macam hubungan dan keterkaitannya dengan apa yang ada di alam. Pada dasarnya place merupakan kesatuan makna dari 'apa' yang hidup yang ada di dalamnya. Place didiami oleh manusia dan benda lain serta diberikan makna dan nilai. Interaksi manusia dengan lingkunganlah yang dapat menciptakan suatu makna dan nilai. Bentuk, kondisi fisik serta image merupakan elemen lain yang terkait dengan manusia sehingga suatu ruang tersebut dapat berubah menjadi sebuah place. Manusia sebagai pelaku ruang tersebut adalah subjek pokok yang menentukan apakah ruang tersebut merupakan place atau bukan. Dengan demikian, penciptaan atau pembentukan suatu place dapat dilihat dari 'apa' yang terjadi di dalamnya yakni keseluruhan rangkaian peristiwa yang melibatkan manusia dan benda. Pengalaman akan suatu peristiwa merupakan hal yang sangat penting untuk menunjukkan suatu esensi dari sebuah tempat. Dan manusia cenderung mengenali suatu tempat dari adanya rangkaian peristiwa yang berlangsung dalam suatu ruang yang terjadi secara berulang.

Place is not merely constructed by placing boundaries, form, height, colour, also everything that define its identity through other things' counterposition to other, but it is more, it's precisely as a thing that can be recognized through the plural of links and interconnections to that. Basically, place is a unity of meaning from what lives beyond. Place is occupied by a person or a thing and it is imbued with meaning and value. It is the interactions of people with this environment that gives it a meaning and value so it distinct from other place. Form, physical setting and image are other elements that interrelate with a human being so space can be a place. Human as a primer subject who decides, whether a space is a place or not. Thus, creation or construction of a p/ace can be seen from 'what' appened beyond, it is all events that involve human and things that combined. The experience of an event is a very important thing to point out a sense of a place. And a person inclined to recognize a place by its all events that happened continously.

 File Digital: 1

Shelf
 S48540-Roeqsana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48540
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 57 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48540 14-22-85230541 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20245964
Cover