UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Science center

Dyah Peni Tundjungsari; Dwi Tangoro, supervisor; Sidhartawan Indra, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Sejalan dengan semakin pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia, Iptek telah merambah, menyentuh dan mempengaruhi seluruh segi kehidupan manusia. Salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa sekarang diukur dari penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Sangat disayangkan, kenyataan di Indonesia sekarang masih kurangnya minat masyarakat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara kita, serta masih dirasa terdapatnya jurang yang dalam antara masyarakat umum dengan dunia per-Iptek-kan. Keberadaan Science Center di negara kita diharapkan dapat menjembatani setidaknya memperkecil jurang antara dunia Iptek dengan masyarakat umum. Science Center merupakan sarana pengenalan/pengakraban prinsip-prinsip 1ptek kepada masyarakat melalui kegiatannya yang melibatkan emosi,rasa dan aka! pengunjung.
Tujuan dari kegiatan utama dalam Science Center adatah peragaan prinsip-prinsip iptek. Sesuai dengan sifat 1ptek yang selalu berkembang pendekatan perancangan pada bangunan dengan menyediakan fasilitas ruang pameran/peragaan yang fleksibel bila sewaktu-waktu tema pameran berubah, serta juga untuk rnerigantisipasi kemungkinan per gem bangsn fungsi/kegiatan. Berawal dari pemikiran bahwa ilmu pengetahuan merupakan interprettasi manusia terhadap fenomena alam, perancangan bangunan diusahakan memasukkan unsur-unsur alam serta memanfaatkan potensi tapak sebagai bagian dari bangunanikegiatan dalam bangunan. Dengan demikian pengunjung (diharapkan) dapat memahami penerapan prinsip-prinsip iptek diiingkungan sekitarnya, rnenyadari akan potensi-potensi alam yang belum terolah sekaligus belajar menghargai dan mencintai lingkungan alam sekitarnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S48090-Dyah Peni Tundjungsari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48090
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 44 hlm. : ill. ; 30 cm. + lam.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48090 14-23-83340941 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246276
Cover