UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kepercayaan animisme terhadap pola perkampungan masyarakat tradisional

Imelda Anwar; Gunawan Tjahjono, supervisor; Hendrajaya Isnaeni, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Kepercayaan memberikan pengaruh besar pada kehidupan masyarakat tradisional. Animisme merupakan wujud awal dari kepercayaan, yang membentuk kegiatan penyembahan roh. Pandangan tersebut mengakar pada penataan ruang kampung. Maka dalam penelitian ini saya coba mengkaji bagaimana pengaruh kepercayaan animisme pads pola perkampungan. Untuk mendasari pengamatan, saya mengambil teori mengenai animisme dan mengadakan pendekatan ruang terhadap konsep tersebut juga pemahaman akan pola perkampungan tradisional. Setelah mengidentifikasi lima pola kampung, saya menganalisis beberapa faktor penting yaitu kondisi geografis daerah, unsur ruang kampung dan pola kampung yang ada serta proses perkembangan poly kampung tersebut.
Berdasarkan hasil analisis, saya mengambil kesimpulan dari persamaan dan perbedaan yang ada diantara ke lima kampung. Sebagai kesirnpulan, ternyata kondisi geografis daerah mendasari penggunaan lahan yang membentuk zoning kampung. Persepsi ruang dalam kepercayaan diekspresikan dalam wujud unsur nuwg kampung. Penataan unsur tersebut membentuk pola kampung, walau saya belum dapat membuktikannya pads beberapa contoh kasus yang saya ambil. Namun saya belum dapat ineramuskan suatu pola yang mapan sebagai generalisasi dari analisis data terhadap teori yang mendukung.
Sebagai saran, saya mengharapkan agar pemikiran ini dapat mendorong pemikiran teori yang lebih dapat menjelaskan generalisasi kondisi kampung bagi pengembangan arsitektur tradisional Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 Imelda Anwar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S48165
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 68 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S48165 14-22-62698708 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246401
Cover