UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Strategi pengelolaan CO2 natuna analisis dan pemilihan teknologi

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Pemanasan global sebagai akibat dari meningkatnya jumlah kandungan gas CO2 di atmosfer atau yang lebih dikenal sebagai efek rumah kaca, telah menjadi bahan pembicaraan dunia pada saat Disisi lain, proyek gas Natuna yang memiliki kandungan gas CO2 dalam jumlah yang besar,71 %, harus dicarikan altematif pengelolaannya agar dampak lingkungannya dapat dibatasi.
Secara garis besar bentuk pengelolaan CO2 Natuna dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama dengan cara mengkonversikannya merjadi bahan petrokimia Kedua, adalah dengan cara membuang gas CO2 tersebut ke dalarn media-media tertentu seperti : aquifer, laut dan depleted gas/oil.
Dalam skripsi ini disajikan analisis dan pemilihan teknologi pembuangan dan pemanfaatan CO2 yang dianggap paling efisien. Untuk telcnologi pembuangan metode pendekatan pemilihan telcnologi yang digunalcan adalah metode integrasi yang dikelompokkan ke dalam bentuk TECC, OCCC, ODCC dan metode scoring model. Pada teknologi pemanfaatan, metode pemilihan teknologinya hanya berdasarkan parameter-parameter tertentu saja, seperti intensitas energi, Stabilitas ekologi, CO2 yang termanfaatkan dan Produk samping Hal ini dilakukan karena keterbatasan informasi dad masing-masing skenario.
Dari hasil pembahasan berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, menunjukkan untuk teknologi pembuangan urutan prioritas teknologi yang digunakan adalah aquifer, depleted gas/oil dan laut. Untuk teknologi pemanfaatan C02, yaitu urea dan metanol, analisis dan pemilihan teknologi dibagi kedalam bentuk skenario-skenario teknologi pembuatannya. Untuk urea, urutan skenario yang dipilih adalah skenario II, I dan III, sedangkan untuk metanol urutannya adalah skenario I, Il, III dan IV

 File Digital: 1

Shelf
 S49078-David Andal Jaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49078
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 112 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49078 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246551
Cover