UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ekstraksi logam canmium menggunakan sistem membran cair emulsi isopar H-D2EHPA

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Salah satu teknik pemisahan dengan menggunakan membran adalah sistem membran cair ernulsi (emulsion liquid membrane), yang merupakan pengembangan dari teknik pemisahan yang sudah dikenal lebih dahulu, yaitu sistem ekstraksi pelarut (solvent extracion).
Mernbran cair emulsi dibuat dengan cara membentuk emulsi ganda dari dua zat cair yang tidak saling larut. Emulsi pertama merupakan emulsi air dalam minyak (wlo), kemudian didispersikan ke dalam fasa kontinyu yang merupakan lammnfasaakmtHcumpan,dimanadidahmnyaterlamtzatyangakandipisahlmn
Kemampuan ekstraksi untuk setiap sistem berbeda-beda, dipengaruhi oleh jenis ekstraktan (zat pembawa), konsenlrasi ekslraktan, kecepatan pengadukan, perbandingan volume, pH fiasa umpan, dan sebagainya.
Logam cadmium dapat dipisahkan dengan menggunakan sistem membran cair ernulsi. Salah satu ekstral/:tan yang sering digunakan untuk sistem ini adalah D2EI-IPA (di-ze:/zyfhexyl-phosparic acid).
Penggunaan DZEHPA d¢ngan pelaxut tetradecane dan surfaktan ECASOZS mampu mengekstraksi iogam dari suatu larutan umpan sebesar 100%."°' Pada penelitian ini diguuakan sistem membran cair emulsi D2EI-IPA-Span 80-Isopar H.
Sebelum eksperimen membran cair emulsi dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan eksperimen penentuau kestabilan emulsi, untuk mengetahui perbandingan volume fasa org:-mjk terhadap ibsa akuatlk internal, dan untuk rnengetahui waktu kestabilan emulsi pertama.
Dengan melakukan variasi konsenirasi ekslralctan sebanyak tiga kali yaitu untuk 5, 7, dan 10% berat serta kecepatzn pengadukan emulsi kedua untuk 300, 350, dan 400 rpm, kemampuan ekstraksi untuk sistem ini dapat diketahui. Pada penelitian ini diketahui bahwa secara umum, peningkatan konsentrasi ekstraktan dan kecepatan pengadukan akan meningkatkan hasil ekstraksi. Tetapi kecepatan pengadukan yang terlalu tinggi akan mengakibatkan penurunan jumlah logam yang terekstraksi.

 File Digital: 1

Shelf
 S49068-RR. Purwaningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49068
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 46 hlm. : ill.30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49068 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20246563
Cover