Dispersi sistem cair-cair seringkali dijumpai dalam operasi kontak cair-cair di
lapangan industri maupun laboratorium. Di dalam operasi yang demikian, baik untuk
tujuan separasi maupun reaksi, sering kali diusahakan agar tipe dispersi sistem sesuai
dengan yang diinginkan. Salah sam cara yang dilakukan untuk itu alialah pemecahan
emulsi (amulsion breaking) atau disebut juga demulsifikasi.
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan berlangsungnya proses
demulsitikasi seperti zat-zat emulsifier, temperatur, mekanikal pengadukan dan lain
sebagainya. Hal yang menarik adalah bahwa pemanfaatan faktor mekanikal
pengadukan seperti: kecepatan pengadukan, ketinggian impeller, dan fraksi volum
minyak; memiliki kelebihan dalam menekan produksi limbah kimia dan termal.
Usaha ini makin diminati setelah perkembangan yang besar dari sistem pemisahan
membran cair.
Dalam penelitian ini, untuk sistem air-minyak diesel yang diaduk, diselidiki
tentang kecenderungan tipe dispersi yang muncul (water in oil atau oil in water) bila
faktor-faktor kecepatan pengadukan (rang: 300-1200rpm), ketinggian impeller
(range: -0,03 - 0,03 m), dan fraksi volum minyak (range: O,4 - 0,6) divariasikan.
Didapatkan bahwa ketiga variabel mempengamhi tipe dispersi secara simultan
Kecenderungan munculnya tipe dispersi O/W akan semakin besar bila kecepatan aduk
dinaikkan, sementara ketinggian impeller dan fraksi volum minyak diperkecil
Demikian pula sebaliknya untuk tipe dispersi WK).