UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan awal kolom distilasi: studi kasus penghilangan eg recovery di PT. X dengan Chemcard V.5.00

Kamim Tohari; Abdul Wahid, supervisor; Mohammad Nasikin, supervisor; Agustina Eliyanti, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Kolom distilasi di atas reaktor ester I untuk memurnikan air dari ethylene glycol (EG) di PT. X adalah tidak efisien karena masih memerlukan proses pemurnian Iagi untuk reaktor yang Iain. Untuk itu diperlukan perancangan awal mengganti kolom distilasi di atas reaktor ester I. Sehingga proses distilasi hanya pada satu kolom yang beroperasi secara kontinyu mengikuti proses produksi poly ethylene terephthalate (PET) dengan demikian proses EG recovery tidak diperlukan lagi.
Perancangan awal kolom distilasi di PT. X menggunakan bantuan chemcad V 5.00. Kolom distilasi di atas reaktor ester I pada program Chemcad V.5.00 tidak ada maka perlu penggabungan beberapa alat tanpa merubah prinsip dasar keija alat, dan bisa digunakan dalam program. Dalam merancang kolom distilasi untuk mengganti kolom distilasi diatas reaktor ester I tanpa merubah kondisi operasi proses produksi PET. Kolom distilasi baru hasil perancangan untuk mernurnikan EG dan air dari reaktor ester I, II dan polikondensasi I.
Kolom distilasi hasil perancangan pada proses pemurnian EG dan air lebih mumi dari pada menggunakan kolom distilasi di atas reaktor ester I, dan kolom distilasi EG recovery. Produk pemurnian kolom distilasi EG pada kolom baru hasil perancangan dengan fraksi mol 0,999285, produk pemurnian distilasi EG diatas reaktor ester I dengan fraksi mol 0,99, produk pemurnian distilasi EG recovery dengan fraksi mol antara 0,985 sampai dengan 0,996.
Hasil perancangan awal kolom distilasi dengan jumlah stage dua belas beroperasi pada tekanan dua bar, temperatur bagian atas kolom l21,1264 °C dan temperatur bagian bawah kolom 221,078°C. Umpan dari real-Ctor ester I masuk kolom distilasi pada stage nomer 10 dan umpan dari reaktor ester II dan poli I masuk pada stage nomer 8, dan total stage adalah 12. Produk bawah kolom distilasi baru hasil perancangan adalah EG dengan laju alir 627,002 Kg/jam fraksi mol EG adalah 0,999285, sedangkan produk atas air dengan laju alir 547,83 Kg/jam fraksi mol air adalah 0,9992 Laju alir refluks adalah 1094,47 Kg/jam,sehingga refluks rasio R/D adalah 2.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Kamim Tohari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49355
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 55 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49355 14-23-70583714 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247131
Cover