Banyak upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah emisi gas huang kendaraan bermotor khususnya mesin diesel. Salah satunya adalah dengan menggunakan katalitik konverter, dimana katalis yang biasa digunakan adalah logam mulia yang mahal harganya. Saat ini dikembangkan inti la!talis lain yang !ebih prospektif yaitu Cu dengan support alumina. Inti katalis ini rnempunyai suatu kelemahan yaitu mudah teracuni oleh sulfur yang terkandung dalam solar sehingga mudab terdeaktivasi.
Untuk itu perlu dikembangkan suatu metode yang mampu m berikan pertlndungan kepada inti katatis. Salah satunya adalah dengan menambahkan spinel oksida MnFez04 pada inti katalis. Spinel tersebut memiliki aktivitas yang tinggi terhadap sulfur, sehingga senyawa sulfur akan diadsorbsi lebih kuat oleh spinel dibandingkan adsorbsi oleh inti aktif Cu.
Pada penelitian ini dilakukan preparnsi katalis Cu-MnFe,OJAJ,O, dengan metode impregnasl yang selanjutnya dikarakterisasi terhadap luas permukaan dan ikatan kirnia antara komponen penyusun katalis. Katalis diuji keaktivannya dalam mengadsorpsi SOz dan aktivitasnya mengoksidasi jelaga datam aliran udara, Aktivitas diukur terhadap terbentuknya CO, yang dianalisis dengan Kromatografi Gas (GC).
Hasil uji adsorpsi SOz menunjukan bahwa penambaban spinel MnFe,.04 terhadap katalis Cu!Al,O, dapat meningkatkan laju adsorbsi awal sebesar 2,6 kali.