UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa teknis perancangan awal pabrik poliuretan berbasis minyak jarak di Indonesia

Budi Santoso; Sukirno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Tumbuhan jarak yang cocok hidup di daerah tropis. seperd Indonesia. dan daerah subtropis menghasilkan minyak jarak yang turunan-turunannya amat bermanfaat bagi manusia. Salah satu turunan yang potensial diproduksi di Indonesia adalah poliuretan. Poliuretan berbasis minyak jarak memiliki kelebihan utama berupa ketahanan hidrolisis yang yang baik.
Minyak jarak dapat digunakan secara Iangsung scbagai salah satu komponen penyusun poliuretan, yaitu monomer poliol. Namun modifikasi minyak jarak akan menghasilkan poliol yang lebih reaktif dengan tetap mempertahankan kelebihannya. Modifikasi dengan reaksi esteritikasi dan transesterifikasi dengan anhidrid suksinat dan neopentil glikol menghasilkan resin yang terutama sesuai untuk aplikasi coming, adhesive dan binder.
Pabrik resin poliuretan memiliki peralatan yang dapat digunakan untuk memproduksi berbagai jenis resin. Dalam perancangan diperrimbangkan jumlah dan beban maksimal peralatan yang diperlukan. Jumlah maksimal adalah saat memproduksi resin dua komponen. sedangkan beban pengaduk maksimal adalah saat pembuatan poliurethane dispersion.
Reaksi pembentukan poliol dilakukan dalam reaktor dengan hear exchanger internal dan pengaduk. Poliol yang terbentuk kemudian dipolimerisasi dengan poliisosianat dan untuk pembuatan resin dua komponen sebagian poliol digunakan untuk pembentukan komponen curing agent. Reaksi polimerisasi juga dilakukan dalam reaktor dengan hear exchanger internal dan pengaduk.
ChemCad digunakan sebagai alat bantu pembuatan diagram alir, neraca massa dan neraca energi. Dari hasil simulasi didapat efisiensi energi adalah sebesar 94,6% dan efisiensi karbon adalah 83.57%.
Hasil analisa ekonomi menuniukkan bahwa untuk pembangunan pabiik dengan kapasilas 8.300 ton/tahun diperlukan total biaya pabrik US$ 2.439.661 dan total biaya manufaktur sebesar US$ 16.491.411/tahun. Payback period adalah selama 2,03 tahun, net present value sebesar US$ 22,459,006 dan internal rate of retum sebesar 44,3%. Ketiga parameter keuntungan ini menunjukkan pabrik layak dibangun secara ekonomis. Perkiraan ini paling sensitif terhadap harga jual produk yang tidak boleh kurang dari US$ 2,034/ton.
Setelah melakukan analisis teknis dan ekonomi dapat disimpulkan bahwa pembangunan pabrik ini di Indonesia adalah layak.

 File Digital: 1

Shelf
 S49397-Budi Santoso.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49397
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 80 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49397 14-22-34403962 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247260
Cover