UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi awal proses biodegradasi benzena oleh bakteri pseudomonas aeruginosa

R. Rianty Fitri A.; Misri Gozan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Bioremediasi merupakan teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memulihkan ekosistem yang tercemar. Teknologi ini mengaplikasikan proses biologis mikroorganisme dalam rnendegradasi senyawa polutan di lingkungan, sehingga metode yang dilakukan disebut biodegradasi. Benzena merupakan salah satu senyawa hidrokarbon monoaromatik bersifat toksik yang banyak mencemari lingkungan dan umumnya sulit terdegradasi. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan uji coba proses degradasi benzena dengan menggunakan bakteri Pseudomonas aentginosa. Penelitian ini merupakan bagian dari rangkaian penelltian Bioremediasi yang dilakukan di Departernen Teknik Gas dan Petrokimia.
Proses degradasi benzena dilakukan pada temperatur ruang dan kecepatan pengocokan sebesar 20 rpm serta dengan jumlah inokulum awal bakteri sebesar I 199.1 CFU/ml. Medium yang digunakan adalah medium cair l.ockhead and Chase (LC). Variabel yang divariasikan adalah konsentrasi awal benzena yaitu pada konsentrasi 50, 100, 200, 500 dan 1000 ppm. Proses degradasi dilakukan selama 216 jam.
Secara umum hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa benzena hingga konsenstrasi 1000 ppm masih dapat didegradasi oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa. Konsentrasi benzena 200 ppm menunjukkan airtivitas bakteri tertinggi dalam mendegradasi benzena. Pertumbuhan bakteri Pseudomonas aeruginosa cenderung lebih lambat pada konsentrasi benena yang lebih tinggi dimana ditunjukkan dengan laju pertumbuhan optimum bakteri yang semakin rendah seiring dengan meningkatnya konsentrasi benzena.

 File Digital: 1

Shelf
 S-R. Rianty Fitri A.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49502
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 56 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49502 14-23-51812613 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247353
Cover